Trending Topic
Kaleidoskop 2017: Jakarta Menempati Urutan Teratas 10 Kota yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

7 Dec 2017



Foto: Mei, Tranjakarta, Instagram/bandung.banget, kota malang


Dari ratusan kota yang ada di Indonesia, berikut 10 kota yang paling sering dicuitkan atau disebutkan di Twitter sepanjang tahun 2017 berdasarkan pengumpulan data oleh Twitter Indonesia dari 1 Januari – 4 Desember 2017. Selain mengenai keunikan dan kuliner sebagai daya tarik wisata, berbagai peristiwa yang menarik perhatian yang terjadi di kota-kota tersebut membuatnya banyak dibicarakan. Mana kota favorit Anda?

1. Jakarta
Tidak mengherankan jika Jakarta banyak disebutkan di Twitter karena di semua aktivitas negeri berpusat di kota ini. Dari mulai kegiatan perekonomian, gaya hidup, hingga hiburan (seperti konser-konser) lebih banyak di Jakarta. Dan, tentu tidak lupa tentang Pilkada DKI 2017 yang tidak hanya ramai di Jakarta, bahkan bisa dibilang semua mata di Indonesia tertuju pada momen politik tersebut.
 
2. Bali
Bali sebenarnya nama provinsi, bukan kota. Namun, mungkin Bali masuk dalam daftar ini karena keseharian, Bali sering diucapkan seakan-akan seperti sebuah kota. Coba saja Anda bertanya pada teman tentang tujuan liburannya, pasti dia akan menjawab Bali terlebih dahulu, bukan Denpasar atau Ubud. Di samping itu, pastinya, sebagai salah satu tujuan wisata populer di dunia, Bali banyak dibicarakan mengenai keindahan alam, tradisi, dan budaya yang membuat banyak orang terkagum-kagum.
 
3. Bandung
Sebagai ibukota provinsi, Bandung menjadi pusat aktivitas Jawa Barat sehingga banyak tempat-tempat dan atraksi yang mampu menarik pengunjung dari luar Bandung untuk berkunjung, tidak terkecuali penduduk Jakarta. Jaraknya yang minimal ditempuh dalam waktu 3 jam dari Jakarta membuat Bandung jadi kota favorit warga Jakarta untuk liburan singkat saat weekend. Ini pula yang menimbulkan kemacetan ke dan di kota Bandung.
 
4. Surabaya
Ibu kota Jawa Timur ini seakan-akan menjadi pintu gerbang bagi perjalanan ke kota-kota di Jawa Timur dan wilayah timur Indonesia. Banyak penerbangan atau perjalanan wisata transit di kota pahlawan ini. Oleh karena makin banyak dikunjungi, makin banyak pula tempat wisata dan lokasi kuliner di Surabaya yang membuatnya sering dibicarakan di Twitter.
 
5. Bekasi

Penduduk yang makin bertambah membuat kota Bekasi terus meningkat aktivitas perekonomiannya. Tidak heran makin banyak mal-mal yang berdiri juga perumahan. Alhasil, kemacetan pun makin bertebaran di Bekasi. Perkembangan ini membuat Bekasi banyak disebutkan pada Twitter.
 
6. Malang
Salah satu kota di Jawa Timur yang banyak disebutkan sebagai salah satu tujuan wisata. Perkembangan Malang pun kian pesat dengan berdirinya penginapan dan lokasi kuliner baru, serta lokasi-lokasi menarik seperti Batu atau Kampung Biru.
 
7. Makassar
Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu kota yang paling maju di wilayah timur Indonesia. Kuliner dan kebudayaannya yang memikat menjadi salah satu daya tariknya.
 
8. Bogor
Bukan hanya sebagai tujuan liburan singkat bagi warga Jakarta dan sekitar, kehadiran Presiden Joko Widodo yang memilih Bogor sebagai tempat tinggal selama dinas sebagai presiden RI membuat kota hujan ini makin banyak dibicarakan. Bahkan Presiden Jokowi sering memilih Istana Bogor sebagai tempat menjamu tamu-tamu mancanegara atau kegiatan-kegiatan lainnya.
 
9. Medan
Kota ini menjadi salah satu kota di Pulau Sumatera yang populer karena perkembangannya yang pesat. Mulai dari bandaranya (Kuala Namu) yang sudah modern, lokasi-lokasi wisata yang terus dikembangkan, serta kuliner yang beragam membuat Medan terus dibicarakan di Twitter. Ditambah jelang akhir tahun, putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, baru menikah dengan Bobby Nasution yang berasal dari Sumatera Utara, sehingga pesta pernikahan yang meriah diadakan di Medan dan  bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Ini membuat Medan makin banyak dibicarakan.
 
10. Padang
Keindahan alam, budaya, serta kekayaan kuliner (sebagai salah satu yang terenak di dunia) membuat kota di pesisir barat Pulau Sumatera ini banyak dibicarakan sebagai salah satu tujuan wisata.

Simak juga berbagai rangkuman menarik peristiwa dan hal-hal menarik yang terjadi sepanjang tahun ini di topik #KALEIDOSKOP2017(f)


Baca juga: 
Kaleidoskop 2017: Tragedi Wafatnya Kapten & Kiper Persela Lamongan, Choirul Huda Menarik Simpati Klub Sepak Bola Internasional
Kaleidoskop 2017: Agnez Mo dan Raditya Dika Masih Jadi Pemilik Akun Twitter Dengan Pengikut Terbanyak Tahun Ini


Meiranie Nurtaeni


Topic

#KALEIDOSKOP2017, #RamedDiTwitter2017

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.