Event
Berjuang Bersama untuk Kemajuan Wanita

14 Sep 2018


Foto: Pexels
 
Ribuan tokoh wanita berkumpul untuk mengikuti Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW), perkumpulan tokoh wanita dunia yang berafiliasi ke Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia, yang rangkaian acaranya berlangsung di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, dari 12 hingga 20 September 2018.
 
Acara itu diselenggarakan oleh ICW dan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan didukung penuh oleh 35 BUMN yang terlibat secara langsung menyukseskan acara, bahkan menghadirkan Presiden Joko Widodo.
 
Ini membuktikan pentingnya peranan wanita dalam masyarakat kini, dan masa datang. Dalam pidato pembukaannya, Presiden ICW Kim Jung-sook yakin bahwa wanita bisa mengubah masyarakat bahkan dunia, diawali dengan meningkatkan pemberdayaan terhadap wanita di segala bidang, di mulai dari pendidikan, sosial, dan budaya. Dengan wanita yang berdaya, keluarga, bahkan bangsa juga akan ikut sejahtera. 
 
Salah satu yang penting untuk mencapai perubahan itu adalah dengan mendorong lebih banyak wanita memimpin dalam dunia politik dan ekonomi. "Saat ini, baru ada 17 negara yang dipimpin oleh wanita dan baru sedikit wanita yang bisa menduduki jabatan penting di perusahaan dan industri besar," ujarnya.
 
Ia memaparkan saat ini di Timur Tengah jumlah wanita yang menduduki jabatan strategis di industri dan perusahaan besar sekitar 3,9 persen, Amerika Latin sekitar 6,4 persen, Asia Pasifik sekitar 9 persen, Eropa sekitar 20 persen, dan Amerika Serikat sekitar 19 persen.
 
"Di negara saya sendiri, Korea, jumlah wanita di jabatan strategis di perusahaan dan industri baru sekitar dua persen. Sangat kontras dengan kondisi di negara lain," katanya.
 
Tak dipungkiri hingga kini wanita di seluruh dunia masih berjuang melawan berbagai masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual, perdagangan perempuan, dan ketidaksetaraan gender. Kim berharap Sidang Umum ke-35 ICW dan Kongres Wanita Indonesia yang mengumpulkan 1000 organisasi wanita akan saling menginspirasi dan menghasilkan strategi untuk mencari solusi dalam menghapuskan masalah tersebut. (f)

Baca Juga: 
Membagi Peran Ganda
Protes Wanita Dunia Terhadap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Massoumeh Ebtekar, Wakil Presiden Iran Bidang Perempuan dan Anak Bicara Tentang Pencapaian Wanita di Iran







 

Nuri Fajriati


Topic

#internationalcouncilofwomen, #kongreswanitaindonesia

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.