Trending Topic
International Women’s Day 2019 : Menuntut Kebijakan Ramah Wanita

12 Mar 2019

 

Terik dan panasnya sinar matahari pada Jumat (8/03) siang itu tak memedamkan semangat ratusan wanita dan pria yang melakukan long march dari Patung Kuda hingga ke Taman Aspirasi yang berada di depan Istana Negara, Jakarta untuk menuntut keadilan dan kesetaraan bagi kaum hawa.

Seraya memeringati Hari Perempuan International yang diperingati tiap tanggal 8 Maret, massa menunjukkan papan-papan penuh kata, yang menyuarakan lantang keresahan, perjuangan dan perlawanan terhadap hal-hal yang kerap mencederai dan mendiskriminasi wanita.

Walau massa yang datang lebih sedikit dibandingkan Women’s March yang diadakan tahun 2018 lalu, namun semangat perjuangan yang disampaikan tak lantas kalah redup. Banyak pesan yang ingin coba disampaikan ratusan peserta long march yang hadir siang itu.

Baik itu menggaungkan emansipasi, menghapus kekerasan berbasis gender, menuntut kesejahteraan buruh wanita, mencegah pernikahan anak hingga mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan kebijakan-kebijakan lainnya yang akan melindungi wanita serta anak-anak.

“Wanita dan masyarakat marginal masih menghadapi situasi menyempitnya ruang demokrasi, pemiskinan, ketimpangan sosial dan maraknya kriminalisasi serta kekerasan seksual. Ini adalah momentum politik bagi wanita untuk menyuarakan agenda politik perempuan independen agar terwujud ruang hidup yang demokratis, sejahtera, setara, dan bebas dari kekerasan,” ungkap Mutiara Ika Pratiwi, salah satu perwakilan dari Komite IWD 2019.

Dalam rangkaian acara, panitia juga menggelar Panggung Refleksi yang mengangkat tema Politik Independen Perempuan. Panggung ini pun menjadi media bagi para aktivis untuk menyampaikan orasi dan ekspresi kesenian mereka perihal masalah fundamental wanita yang belum teratasi dengan baik. (f)


Baca Juga :

Women’s March, Perjuangan Wanita Lewat Kata-kata
Wanita Mendukung Wanita di Women’s March Jakarta 2018
Perjalanan Munira Ahmed, Dari Women’s March Hingga Perlawanan Terhadap Politik Identitas





 
 


Citra Narada Putri


Topic

#internationalwomensday, #pemberdayaanwanita

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.