Sex & Relationship
Kisah 4 Wanita Yang Berjuang Keluar Dari Hubungan Cinta Tidak Sehat

25 Aug 2018


Foto: Pixabay
 
Setiap orang tentu ingin mendapatkan pasangan yang terbaik. Sehat lahir dan batin. Tetapi, tentu saja tidak semua keinginan itu bisa terkabul, bukan. Di sinilah perlu kepekaan kita untuk mengenali adakah hal yang tidak beres dalam hubungan cinta dengan pasangan. Memang cinta itu buta, tetapi jangan mau karena dibutakan oleh cinta maka diri kita menjadi taruhannya.
 
Karena, seperti yang diakui Elly Nagasaputra, psikolog yang juga marriage counselor, sepanjang pengalamannya menghadapi klien, mereka kelihatan normal-normal saja. “Bisa ngobrol dengan enak, mereka juga bekerja seperti biasa, entah itu sebagai karyawan atau pemilik bisnis. Tetapi, begitu disentuh persoalannya dengan pasangannya, baru keluar kata-kata maupun ancaman, seperti mau menembak dengan pistol atau memepet mobil dengan truck,” katanya.
 
Tapi, sebelum menilai apakah hubungan kita dengan pasangan itu tidak sehat dan mencari jalan keluar dari persoalan, yang pertama kali harus dimengerti adalah apa, sih, hubungan yang sehat itu?
 
“Hubungan yang sehat adalah hubungan yang membuat kita bisa berkembang menjadi a better person,” ujar Elly. Contoh sederhana, ketika Anda memiliki kekasih, dengan alasan cinta, sayang dan perhatian, maka Anda dilarang ke mana-mana sendiri, atau apapun yang Anda lakukan harus atas seizin dia. Atau, Anda adalah wanita yang memiliki passion untuk berkarier di kantor. Lalu, calon suami Anda mensyaratkan ketika menikah, Anda harus berhenti dari pekerjaan dan fokus untuk menjadi ibu rumah tangga saja.
 
“Tanpa mengecilkan peran sebagai ibu rumah tangga karena peran ini sangat berharga, tetapi persoalan di sini adalah Anda merasa berkembang dan passionate dengan karier di luar rumah. Nah, dengan pelarangan yang tanpa kompromi itu, apakah pasangan Anda membuat Anda bertumbuh?” tanya Elly. Karena bisa diibaratkan, Anda ibarat bonsai, yang setiap cabangnya yang tumbuh dipangkas habis.
 
Masalahnya kita bukan pohon bukan?
 
Empat wanita ini bercerita bagaimana mereka berjuang untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat:
 

Yoseptin Pratiwi


Topic

#kdrt, #relationship

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.