Home Interior
Dekorasi Interior Yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

26 Jul 2018


Foto: 123RF
 
Banyak opsi desain untuk menciptakan rumah yang indah dan nyaman. Pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan tren turut berdampak pada perkembangan desain interior yang berbeda. Perubahan ini bisa membuat bingung pemilik rumah dalam menentukan pilihan desain yang paling tepat.

Menurut Brent Hull, dalam bukunya, Building a Timeless House in an Instant Age, keinginan mengikuti arus perubahan ini merupakan bagian dari obsesi manusia untuk mengetahui tren yang sedang terjadi dan yang akan datang. Padahal, membangun rumah pun diperlukan kematangan pilihan untuk sebuah tampilan yang merepresentasikan karakter pemiliknya. 

Bagi Brent, rumah berdesain timeless akan merefleksikan kepribadian, nilai, dan hati pemiliknya. Sebuah desain yang memiliki kekuatan pada tampilan interior yang tidak akan menua, meski banyak bermunculan model desain yang sedang tren pada suatu saat.

Menurut desainer senior dari Woodworks Interior, Tommy Tjhin, timeless design adalah desain yang tidak akan lekang oleh waktu, baik dari segi estetika dan daya tahannya. Desain ini merupakan sesuatu yang indah secara proporsi visual dan lahir dari suatu bentuk respons terhadap tren desain yang cepat berubah dan berevolusi.

“Tren desain seperti layaknya pada tiap bentuk seni, yaitu fashion, interior, atau arsitektur, hanya bersifat sementara. Seiring berjalannya waktu tren ini akan memudar dan menghilang. Kebalikannya dengan timeless design yang lebih bersifat abadi,” ujar Tommy.

Karena tidak adanya tren yang menjadi acuan tertentu, maka dipastikan timeless design ini tidak bergaya kontemporer, minimalis, rustic, maupun bohemian. Timeless design memiliki ciri khas yang lebih menitikberatkan pada komposisi bangunan yang simetris, tata letak jendela yang teratur, aksen, serta detail khusus yang biasanya terdapat pada gaya klasik. 

Ciri lainnya adalah pada penonjolan nilai fungsional yang tidak menggunakan dekorasi dan furnitur yang terlihat bermain-main dan berlebihan. Untuk merealisasikannya dibutuhkan keseimbangan dan aturan.

“Namun desain interior timeless bukan berarti Anda dilarang menggunakan perabot gaya modern. Dengan menambahkan perabot berkesan modern, desain interior hunian Anda akan tampil lebih menarik dan berkarakter,” ujar Tommy.

Intinya, Terapkan Tip Berikut:

1/ Jumlah maksimal tone warna adalah 3 warna dengan penambahan 1 warna sebagai elemen dekoratif.

2/ Jangan sembarangan memasukkan loose furniture (barang pendukung) yang tidak sesuai, seperti furnitur tradisional dengan banyak ukiran. Salah pilih dan posisi penempatan akan memengaruhi desain timeless.

3/ Makin sederhana desainnya, maka tampilan makin baik. (f)

Baca Juga :

Bangkitkan Selera Makan Dengan Pengaturan Cahaya
Tip Dekorasi Ruang Makan Masa Kini
Mengecat Pagar dan Teralis Rumah Serapi Tukang Cat Profesional


Betrina Larobu


Topic

#interior, #desain, #rumah