Health & Diet
5 Langkah Tetap Sehat Saat Jajan Kaki Lima

1 Nov 2017


Foto: Pixabay

Tak terhitung berapa kali dalam sebulan Anda jajan di kaki lima. Malah bisa dibilang setiap hari Anda mengandalkan kaki lima sebagai lokasi makan siang. Masalahnya jajanan kaki lima nggak bisa dibilang aman dari kuman. Salah-salah Anda mudah terserang diare, disentri, kolera, bahkan tifus. Untuk mencegahnya, simak trik berikut:

Cek piring
Namanya juga makanan murah pastilah kebersihannya jarang diperhatikan. Nggak sedikit lokasi warung kaki lima yang dekat dengan selokan atau kurang menjaga kebersihan alat makannya.
Makanya biasakan membawa alat makan sendiri, seperti tempat makan serta sendok dan garpunya. Jika nggak membawa, minimal alat makan yang akan digunakan dilap dengan tisu basah lalu lap kembali dengan tisu kering.

Pilih yang hangat
Makanan yang sudah dingin cenderung mudah terinfeksi bakteri. Jadi jika Anda ingin jajan di kaki lima pastikan makanan tersebut baru dimasak saat Anda memesan agar saat disajikan tetap hangat, misal soto, tongseng, atau mi rebus. Kuman dan bakteri akan mati dalam suhu minimal 60°C.

Lihat bumbunya
Bukan rahasia lagi makanan kaki lima, tuh, minim nutrisi. Untuk itu cobalah bikin permintaan khusus pada penjualnya, contoh pesan makanan tanpa MSG, minta tambahan sayur, atau hindari sate yang gosong—karena bersifat karsinogen.

Perhatikan lokasi
Warung yang terlalu dekat dengan jalan raya pastinya ‘mengumpulkan’ partikel debu yang berbahaya untuk pernapasan. Debu yang menempel di makanan juga berisiko menimbulkan disentri. Untuk menghindarinya, pilih warung yang selalu menutup bahan makanannya dengan tirai dan saat makan duduklah di tempat yang tidak menghadap jalan.(f)

Baca juga:

Saparinah Mumpuni



Topic

#makankakilima

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.