Food Review
Pencinta Daging Bakar, Coba Makan Steak Ala Brasil di Tucano’s Churrascaria Brasileira

5 Dec 2017


Foto: HC, Dok. Tucano's Churrascaria Brasileira
Lokasi:
Alamat: Pavilion Retail Arcade Lt. Dasar Unit D 01-12 Jl. K.H. Mas Mansyur Kav.24, Karet Tengsin, Jakarta..
Telp: (021) 29023271.
Jam buka: 11.30- 22.00 WIB.
Harga*): Rp38.500 – Rp600.000*.
Suasana: Dipenuhi banyak tamu, namun tidak bising. Tersedia meja sofa dan kapasitas banyak untuk grup. Dilengkapi private room.

Tentang Chef:
Aldecy Bastos menciptakan sensasi bersantap daging panggang layaknya di negara asalnya, Brasil. Ia bangga menggunakan bahan dari Indonesia, mulai dari daging hingga rempah, dan menerapkan teknik autentik seperti para pendahulunya. Baginya, sajian Brasil memiliki kesamaan dengan hidangan Indonesia, seperti sajian gulai yang mengingatkannya pada sajian favoritnya, moqueca.

Rekomendasi Editor:
Datang untuk pertama kali? Berikut ini beberapa menu pilihan femina.
Pilihan Daging:
- Picanha (top sirloin), Alcatra (sirloin), Chicken bacon, Carnero (domba), Chicken hear (jantung ayam), Chicken leg, Chicken wing, Fraldinha (outside skirt), Sausages, Garlic Steak.
Sajian buffet:
- Salpicao de Frangoi (salad ayam)
- Salada de Jaca (salad nangka)
- Salada de Ovo (salad telur)
- Ensopade de Carne (sup daging kacang merah)
- Moqueca (Brazilian fish stew)

Lain negara, lain pula budaya mengolah dan menyajikan sajiannya. Sama halnya dengan penyajian daging bakar yang berbeda di negara Jepang, Korea, hingga negara Amerika Latin dan Eropa. Churrascaria berarti steakhouse dalam ungkapan Brasil, menampilkan churrasco (daging panggang) sebagai sajian utama.

Sejarahnya, tempat penyaji steak berkembang di wilayah Brasil Selatan lewat kebiasaan para gaucho (koboi) pada tahun 1600-an memanggang daging usai berkuda. Potongan daging yang telah dibumbui ditusukkan pada tusukan besi dan dibakar di atas perapian. Bumbunya minimalis: bawang putih, bawang bombay, dan rock salt.

Di Indonesia, masih jarang ditemui keberadaan churrascaria walau nyatanya mengolah steak gaya Brasil adalah salah satu cara yang disukai di dunia. Akhirnya Tucano’s Churrascaria Brasileira, salah satu restoran di bawah naungan PJ Partners Group, hadir untuk memberikan pengalaman bersantap gaya autentik ini.

Konsep buffet-nya diiringi gaya espeto corridor, yang artinya pengunjung tak perlu memanggil pelayan untuk meminta daging, melainkan berkomunikasi secara simbolis dengan memasang tanda di atas meja.
Daging-daging akan datang bergiliran, masih ditusuk pada tusukan besi besar, dan akan diiris di depan pengunjung. Daging akan terus ditawarkan ke meja, hingga Anda menyatakan tak sanggup lagi dan menyerah!

Rasa grilled meat yang juicy, gurih, dan bold, menonjol. Ini berkat kepiawaian head chef Aldecy Bastos. “Makin lezat ketika disantap bersama cocolan chimmicuri dan salsa criolla,” sarannya. Hadir grilled pineapple untuk meredakan rasa mual, jika Anda terlalu banyak menyantap daging. Manis-asam, bertabur kayu manis bubuk yang tidak hanya menetralisasi, tapi juga memberi rasa segar di antara santapan steak.

Ada 30 jenis sajian tradisional pada buffet bar. Mulai dari salad, appetizer, sayuran, hingga dessert. Bagi  yang ingin mencicipi cocktail, Batilda de Manga atau Caipirinha bisa menjadi opsi. Cita rasa minumannya eksotik, penuh bahan tropikal. Refreshing! Pendekatan resepnya sangat berbeda dengan cocktail klasik Eropa yang berat.

Di akhir pekan, ruangan ini selalu dipadati pengunjung, mengingat pengalaman makannya yang seru. Ada muka-muka ceria yang menanti dihampiri steak dalam tusuk satai raksasa. Lihat saja, siapa yang paling lama bertahan menerima gempuran daging dan siapa yang paling cepat menyatakan menyerah! (f)

Baca juga:
Pasta Marché – AWkitchen, Terbaru di PIK Avenue
10 Pisang Goreng Hits di Instagram
Poke Bowl Sedang Tren, Coba di 6 Tempat Ini!
Gaya Gelato, Es Krim dari Bali dengan Bahan Organik Hadir di Jakarta


Helen Christianti


Topic

#rekomendasirestoran, #kulinerjakarta, #wisatakuliner

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.