Food Review
Nikmati Kopi Flores Bersama Kue Dari Sugar World Academy di Lemondiscofish

24 Mar 2019


Foto: Dok. Lemondiscofish, Westloop Coffee
 
 
Demam instagrammable cafe melahirkan banyak tempat yang semata mengutamakan desain ruang dan agak mengabaikan kualitas dan rasa makanan, minuman yang dijual. Tapi itu tidak terjadi dengan LEMONDISCOFISH, tempat baru di kawasan Kemang. Sang empunya, Dewi Hasan, 'berlidah kritis' berkat hobi berburu pastry bersama sang putri, Tiffany. Ia juga pendiri Sugar World Academy (SGA), tempat kursus yang kerap mendatangkan seniman cake dunia.
Aroma croissant menyeruak dari dapur.
 
Adonan diolah dari nol, termasuk langkah folding yang bagi banyak orang dipandang repot. “Lihat kafe-kafe di Jepang. Dari dapur mungilnya bisa diproduksi roti enak. Mereka mau berusaha,” ujarnya. Ia mengundang baker nomor satu dari Manila sebagai konsultan roti untuk berbagi kiat menangani resep roti Eropa yang diproduksi di iklim tropis.
 
Tempat ini didasari oleh keinginan menjadi etalase bagi pebisnis online berbakat. Pada saat femina datang, tersaji Cheese Mocca Nougatine Cake karya @ratnatokopastry, pengajar di SGA untuk kelas lapis legit. Pekan sebelumnya tampil cake koleksi @jessicacakery, pengajar kelas flower buttercream.
 
Oleh mesin Italia yang telah lama dimiliki Dewi, hadir gelato, dari rasa kopi Flores, mangga golek, pistachio, hingga cokelat, menggunakan chocolate couverture Indonesia karya Pipiltin Cocoa. Rasa gelato bisa berganti sesuai musim.
 
Westloop Coffee menyewa sebagian area sebagai penyedia kopi. Sang pendiri, Gabriel Honosutomo, datang dari keluarga pemain lama eksportir kopi. “Coffee processing factory kami berdiri sejak tahun 1950-an di dataran tinggi Ruteng, Flores. Sama seperti saya, banyak dari petaninya adalah generasi ketiga,” ujar Gabriel.
 

 

 

Sesap Chiberia Brew yang light dan menyegarkan. Teknik seduhnya khas Jepang, yakni ice drip. Digunakan house blend berlabel Wae Ces, campuran kopi Flores, Toraja, dan Mandailing. Cappuccino di sini terasa komplet berkat biji kopi yang disangrai cukup hingga  araf light.
 
Robusta, jenis yang mendominasi Kopi nikmat hingga menyediakan pop up store bagi pebisnis online berbakat. Lemondiscofish tak sekadar tempat berdesain hip. tanah Flores, diproses dengan baik hingga menghasilkan kopi berkualitas. Westloop menepis anggapan bahwa robusta takkan mampu bersaing dengan arabika.
 
Suasana yang tenang adalah hal lain yang menyenangkan dari LEMONDISCOFISH.  Warga di area perumahan datang dan pergi sejak pukul 8 pagi. Banyak juga yang betah duduk berjam-jam sambil membaca buku. 
 
Alamat: Jl. Kemang Selatan IC/ No.8, Jakarta Selatan. Telp: 08111952795. Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB.
Harga: Dimulai dari Rp22.000. Suasana: Homey, nyaman pula dikunjungi anak. Area parkir luas.
*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap. (f)

Baca Juga:

Poke Bowl, Makan Sehat yang Lebih Nikmat
SMITH 2.0, Kedai Kopi Yang Sangat Memahami Wanita
Fivesenses: Makan Di Tengah Sejuknya Pegunungan Cisarua
 

Trifitria Nuragustina


Topic

#foodreview, #cafe, #kopi, #makandiluar

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.