Food Review
Poke Bowl, Makan Sehat yang Lebih Nikmat

22 Mar 2019


FOTO: ADELLI ARIFIN

Gabriella Paramitha Salim, akrab dipanggil Gaby, tak pernah menyangka dirinya akan berbisnis restoran sehat. Restoran miliknya, Pokinometry, berdiri di lantai 2 Gandaria City, punya menu serba poke bowl. “Dulu, saya nggak demen makanan sehat. Tapi, setelah nyaris setiap hari makan poke bowl di samping kantor saya sewaktu di Los Angeles, saya baru tahu bahwa makanan sehat bisa enak,” ujarnya.
 
Di AS, poke bowl ngetren sejak tahun 2015. One dish meal ini lahir di Hawaii, berupa perpaduan salad dan salmon sashimi, pengaruh dari keturunan Jepang di sana. Di Los Angeles, kota yang menyerap banyak tren makanan dari beragam budaya, kafe poke bowl bermunculan. Sehat, praktis, dan enak. Saus poke bowl juga mirip saus salad Jepang.
 
Gaby memutuskan untuk membeli resep poke bowl dari restoran favoritnya itu. “Walau sudah paham garis besar poke bowl, saya ini enggak sekolah masak. Agar tidak salah ramu, saya sewa pemasak yang punya puluhan tahun pengalaman di restoran Jepang, dan juga seorang chef yang pernah bekerja di luar negeri,” sambungnya. Walau sering berjualan makanan di bazar, ia menyadari bisnis restoran jauh berbeda.
 
Terdapat tiga lapisan dalam seporsi poke bowl, yakni sushi rice (nasi putih atau nasi cokelat), mixed salad, dan salmon atau tuna. Tersedia grilled soft tofu bagi kalangan vegetarian. Semua ikan di sini adalah sashimi grade, yang berarti berkualitas baik untuk disantap segar. Keluarga Gaby punya perusahaan ikan potong.
 
Restoran yang juga memiliki outlet di PIK Avenue ini mulai mendapatkan pelanggan tetap. Orang Jakarta cukup health-concious. “Tapi, masih banyak juga yang relunctant karena mikirnya ini makanan mentah dan salad nggak bikin kenyang. Lauk yang berminyak atau dibakar memang lebih menggiurkan ketika dipajang. Challenge-nya adalah narik orang nyoba. Tapi setelah dicoba sih pada ketagihan, he.. he.. he,” ujarnya, senang.
 
Mengikuti kemauan pasar, Pokinometry menciptakan Not So Poke Series. Sebagai pengganti sashimi, tersedia beef/chicken teriyaki, ikan matang dengan lelehan mozarella atau bumbu salted egg. Ada juga kale noodle, diwarnai alami dari sayur kale. (f)
 

Baca Juga:

SMITH 2.0, Kedai Kopi Yang Sangat Memahami Wanita
Fivesenses: Makan Di Tengah Sejuknya Pegunungan Cisarua
Chef Meliana Christanty, Hadirkan Jamuan Nikmat dari Lahan Gambut Kalimantan


Isyana Atiningmas


Topic

#foodreview, #resto, #makansehat

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.