Family
Resep Berbagi Peran Antara Ibu & Ayah

9 Mar 2019


Foto: Shutterstock

Dalam parenting semua tergantung kesepakatan dalam keluarga. Namun, Vera Itabiliana, psikolog anak dari Universitas Indonesia  memberikan ‘resep’ PERFECT yang bisa dilakukan orang tua dalam membagi peran mereka untuk anak-anak.
 
P
Ayah: Protector Ayah adalah pelindung keluarga. Masyarakat kita masih menganut paham bahwa ayah adalah pencari nafkah keluarga. Sebagai pelindung, ayah harus mengupayakan kehidupan yang nyaman dan aman bagi anggota keluarganya.
Ibu: Primary Care Giver
Ibu yang menjadi ‘perawat’ utama dalam keluarga.
 
 E
Educator: Baik ayah maupun ibu memiliki peran sebagai pendidik. Untuk urusan pelajaran sekolah misalnya, ayah yang mengajari matematika, ibu yang mengajari bahasa. Namun, semua ini adalah hasil kesepakatan dalam keluarga.
 
R
Role model: Baik ayah maupun ibu wajib menjadi role model bagi anaknya. Bagaimana masing-masing berperan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya peran sebagai ayah, ibu, pria dewasa, wanita dewasa, dan lainnya. Dalam hal ini juga bagaimana cara menangani emosi dan stres, ayah ibunya ketika sedang bertengkar seperti apa, ketika sedang mengalami kesulitan bagaimana mencari jalan keluar, dan lain sebagainya.
 
F
Friend: Baik ayah maupun ibu bisa menjadi teman bagi anak-anaknya. Walaupun nantinya anak akan memilih ingin bercerita tentang apa kepada siapa, kedua orang tua harus bisa menjadi tempat yang dituju anak untuk curhat. Misalnya, untuk cinta, anak lebih nyaman bercerita kepada ibu, tapi untuk urusan teman, lebih suka bercerita kepada ayah.
 
E
Ayah : Entertainer
Ayah harus bisa menjadi penghibur membuat suasana yang segar dan menyenangkan bagi keluarganya.
Ibu: Event organizer
ibu terbiasa mengurus dan mengatur segala sesuatu dalam keluarga, alias seksi rempong.
 
C
Conselor: Baik ayah maupun ibu harus bisa menjadi konselor ketika anak mengalami masalah. Seperti soal siapa yang menjadi teman, nanti anak yang akan memilih sendiri peran ibu dan ayah bagi mereka.
 
T
Ayah: Trainer
Ayah biasanya lebih motorik, dinamis, dan bergerak, tugas ayah mengajak anak-anak bergerak di alam, berolahraga, dan lain-lain.
Ibu: The ruler
Ibu adalah ‘polisi’ dalam keluarga, yang akan memberikan aturan dan menegakkan aturan. Kalaupun misalnya pergi keluar bersama ayah, ibu yang terbiasa memberikan aturan. (f)

Baca Juga:

Parenting 4.0, Membesarkan Anak Di Era Digital
Pria Juga Ingin Berperan Mengasuh Anak
 

Yoseptin Pratiwi


Topic

#family, #parenting

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.