Career
7 Kiat Sederhana Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

17 Dec 2018


Dok: Pexels.com
 
Bila Anda merasa enggan pergi kerja, sering merasa seakan kehabisan tenaga atau stres setelah seharian bekerja, jangan dibiarkan begitu saja. Karena itu bisa menjadi indikasi Anda sedang stres.

Stres kerja yang berlarut bisa menyebabkan seseorang mengalami frustasi yang berlebihan, kehilangan minat kerja, terus menerus ingin marah, sarkasme, dan sering membantah, hingga akan mempengaruhi hubungan profesional serta personalnya di lingkungan kerja.  
 
Stres di tempat kerja bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari beban pekerjaan itu sendiri, hubungan dengan atas dan rekan sejawat, hingga lingkungan kerja yang tidak nyaman. Agar stres di tempat kerja bisa teratasi dengan baik, berikut 7 strategi untuk mengatasi berbagai tantangan bekerja:
 
1/ Jaga kesehatan diri dengan makan teratur dan bergizi, cukup tidur dan olahraga. Jangan lupakan sarapan. Dengan demikian tubuh dan pikiran Anda akan tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah stres.
 
2/ Jalin persahabat di tempat kerja dan di luar tempat kerja. Bekerja dari pukul 9 hingga pukul 5 sore, artinya setengah dari kehidupan Anda habiskan di ruang kerja. Menjalin persahabatan dengan rekan sekerja, penting dilakukan karena mereka lah orang-orang yang ada di dekat Anda sepanjang hari. Berbagi beban dengan orang-orang yang Anda percayai lewat cerita atau curhat bisa menjadi langkah pertama untuk sedikit membuka beban dalam diri. Tapi ingat, pilih teman curhat yang bisa dipercaya. Sebaiknya batasi hubungan dengan orang-orang yang bisa menambah perasaan buruk.
 
3/ Lakukan batasan waktu. Pekerjaan mungkin tak pernah berhenti, tapi ada kalanya Anda juga harus berani melakukan penolakan dengan cara yang bersahabat namun tegas jika menghadapi situasi pekerjaan yang over load.
 
4/ Berargumentasilah secara bijak, jika Anda memiliki perbedaan pendapat soal pekerjaan dengan atasan, bawahan, atau sesama rekan kerja. Coba tetap untuk berkepala dingin, jangan terjebak pada argument-argumen yang tidak tepat.
 
5/ Tentukan target pekerjaan dengan membuat prioritas. Bagilah proyek yang sedang Anda kerjakan dalam skala besar hingga kecil. Beban pekerjaan yang bisa ditata dengan baik akan membantu Anda menuruni level stress dalam bekerja.
 
6/ Ambil cuti atau nikmati akhir pecan yang panjang. Ini akan menjadi waktu terbaik untuk mengalihkan pikiran Anda pada hal lainnya. Buat rencana waktu pribadi setiap minggu bersama pasangan, keluarga atau sahabat. Ada baiknya juga Anda meluangkan waktu istirahat, saat tengah bekerja.
 
7/ Bila tidak satupun langkah-langkah di atas membantu Anda mengurangi tingkat stres atau kepenatan di pekerjaan, carilah bantuan. Konsultasikan kondisi Anda pada psikolog atau psikiater. (f)

Baca Juga: 

Burnout, Penyakit Yang Menghantui Entrepreneur
Orang Sekarang Lebih Gampang Stres?
Cara Praktis Melepas Stres








 

Faunda Liswijayanti


Topic

#streskerja, #bebankerja, #karier

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.