Tips
Gunakan 5 Minyak Nabati ini untuk Tampil Cantik

26 Aug 2018


Dok. Unsplash/Christin Hume

 
Beberapa tahun belakangan, minyak argan dan jojoba kian banyak digunakan untuk produk-produk perawatan tubuh dan wajah. Memang, minyak ekstrak dari tumbuhan ini memiliki banyak manfaat kecantikan.
 
Misal, minyak jojoba bermanfaat untuk mengatasi luka bakar, bekas jerawat hingga membuat rambut terlihat lebih bersinar. Sementara minyak argan yang belakangan jadi primadona di industri kecantikan, memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi lebih elastis dan melembutkan, dapat melembapkan rambut dan kuku hingga menyamarkan stretch marks dan luka.
 
Tak hanya minyak jojoba dan argan saja yang dikenal memiliki sejuta manfaat kecantikan, beberapa minyak nabati lainnya juga tak kalah berkhasiatnya.
 
Berikut 5 minyak yang bisa Anda coba untuk mempercantik diri secara alami.
 
1/ Minyak Biji Mawar (Rosehip Seed Oil)

Minyak yang diambil dari ekstrak bunga mawar bernama Rosa Canina, yang dapat ditemukan di Chili. Minyak rosehip seed yang diekstrak dengan cara cold-pressed ini memiliki kandungan vitamin A dan E, tinggi asam lemak, asam linoleat dan linonelat.
 
Minyak rosehip seed ini dipercaya dapat memperbaiki tekstur kulit, mengurangi bekas luka dan perubahan pada warna kulit. Salah satunya juga banyak digunakan sebagai produk anti-penuaan yang dapat membantu menghaluskan garis-garis wajah dan keriput karena dapat melembabkan dan memiliki kemampuan hidrasi kulit yang baik.
 
 
2/ Minyak Castor (Castor Oil)
 
Para pengguna minyak-minyak nabati untuk kecantikan wajah mungkin akan familiar dengan minyak castor yang diekstrak dari tumbuhan ricinus communis yang biasa ditemukan di India. Pasalnya, minyak ini terkenal banyak digunakan untuk menebalkan dan menguatkan rambut, alis hingga bulu mata. Karena memang, minyak castor tinggi kandungan asam lemak dan fitokimia yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang sistem limfatik.
 
Lebih dari itu, minyak castor juga mengandung vitamin A, B, D, dan kaya vitamin E yang dapat merangsang produk kolagen dan elastin yang baik bagi wajah. Kandungan tersebut dapat membantu menghaluskan dan menghidrasi kulit, sebagai anti-aging, menguatkan kuku dan kutikel hingga menyamarkan stretch marks.
 
Namun perlu diperhatikan, penggunaan minyak castor untuk pijat dapat memberikan efek laksatif (buang air besar).
 
3/ Minyak Biji Bunga Matahari (Sunflower Seed Oil)

Untuk tujuan kecantikan, minyak biji bunga matahari ini  dapat meredakan gangguan kulit eksim dan dermatitis. Karena minyak yang kaya kandungan vitamin A, D dan E-nya sangat bergizi untuk melembabkan kulit. Lebih jauh, minyak ini dapat mencegah kulit menjadi kering atau dehidrasi karena dampak polusi.
 
Kelebihan lainnya, minyak yang diekstrak dari biji bunga matahari yang banyak ditemukan di Belanda ini juga memiliki manfaat kesehatan seperti kolesterol, penyakit kardiovaskular, memar, batuk, dan asma.
 
4/ Minyak Macadamia (Macadamia Oil)

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata ekstrak minyak dari kacang macadamia memiliki manfaat kecantikan yang berfungsi sebagai anti-aging, yang banyak digunakan untuk perawatan menopause. Karena memang, kacang macadamia yang tinggi asam lemak, dan asam palmitoleat sangat baik untuk melembabkan dan membantu restrukturisasi kulit.
 
Minyak ini banyak digunakan bagi mereka yang tinggal di udara dingin atau kerap beraktivitas luar ruangan yang rentan terpapar polusi udara dan mengakibatkan kulit terkena efek pelapukan. Beruntungnya, karena minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi , dapat juga digunakan setelah mencukur atau waxing karena akan membuat kulit halus dan sehat.
 
Lebih dari itu, minyak ini memiliki kemampuan untuk mengurangi kerontokan rambut, menghaluskan dan membuat rambut mudah diatur. Selebihnya, dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah dengan sangat cepat.
 
5/ Minyak Avokad (Avocado Oil)

Tak hanya sehat untuk tubuh, minyak hasil ekstrak dari buah avokad terkenal kaya akan nutrisi, emolien lecithin, berbagai asam lemak dan vitamin A, B1, B2 serta D. Manfaat dari kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan elastisitas, melembutkan hingga mengatasi kulit kering, pecah-pecah hingga keriput.
 
Jika digunakan sebagai minyak pijat, efeknya dapat membuat tubuh terasa lebih lembut, menenangkan dan tidak meninggalkan residu berminyak pada kulit. Selebihnya, minyak avokad ini juga dapat menenangan peradangan kulit, mencegah penuaan dini hingga membantu merangsang pertumbuhan rambut. (f)

Baca Juga :

7 Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan
6 Cara Kendalikan 'Rambut Singa'
Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

 

Citra Narada Putri


Topic

#minyakkecantikan, #beautytip