Tips
6 Cara Kendalikan 'Rambut Singa'

7 Jul 2018


Foto : Dok. Femina Group

Rambut yang mengembang seperti ‘rambut singa’ sering memusingkan. Sulit diatur dan tidak rapi. Walaupun begitu, Anda juga bisa melihat sisi positif dari rambut mengembang, yaitu memberi efek lebat secara alami. Seiring dengan bertambahnya usia dan berkurangnya helai rambut, banyak wanita yang justru berharap rambutnya terlihat mengembang tanpa perlu disasak.
 
Oleh karena itu, rawat dan kendalikan rambut mengembang Anda dengan cara- cara berikut ini:
 
# Atur Ulang Jadwal Cuci Rambut
 
Kulit kepala memproduksi sebum alami yang menyediakan kelembapan bagi rambut. Ketika Anda mencuci rambut, sebum akan tercuci habis sehingga meninggalkan sensasi kesat pada rambut.
 
Keramas tiap hari tidak disarankan untuk jenis rambut ini. Coba cara ini: cuci rambut hanya dengan air pada waktu-waktu tertentu, dan gunakan sampo untuk keramas pada waktu lain, misalnya tiap dua atau tiga hari sekali.
 
# Gunakan Sampo untuk Rambut Kering
 
Cara lain merawat rambut agar tidak kering adalah dengan menggunakan sampo yang melembapkan atau kondisioner yang mempunyai bahan khusus untuk melembutkan rambut. Gunakan kondisioner mulai dari batang hingga ke ujung rambut tanpa menyentuh akar.
 
Diamkan sekitar dua menit, lalu bilas. Jenis rambut mengembang perlu menghindari sampo yang diklaim dapat membuat rambut bervolume, karena justru akan membuat rambut makin ‘besar’. Carilah sampo yang mengandung silikon, seperti dimethicone, yang jitu mengunci kelembapan dan membuat rambut terasa lembut.

Anda juga bisa mencoba sampo dengan ekstrak bahan-bahan alami, seperti avokad, pepaya, wortel, atau minyak kelapa.
 
# Bilas Menggunakan Air Dingin
 
Air dingin mengunci kutikula rambut sehingga mencegah helaian rambut kehilangan kelembapannya. Membilas rambut dengan air dingin member hasil akhir rambut yang lebih mudah diatur daripada membilasnya dengan air hangat.
 
# Keringkan Secara Lembut

Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut mengembang. Handuk berbahan kasar dapat merusak kutikula dan dapat menyebabkan rambut makin tak teratur. Hindari memeras atau memelintir rambut saat dikeringkan.
 
# Keringkan Rambut Segera
 
Makin cepat rambut mengering, makin cepat pula kutikula rambut akan melemas sehingga mengurangi risiko mengembang. Anda dapat menggunakan blow dryer dengan suhu rendah untuk mengeringkan rambut.
 
Pengering bekerja untuk mengurangi rambut mengembang dengan mengempiskan kutikula. Pastikan rambut benar-benar kering, karena pelembap yang tertinggal dapat membuat rambut mengembang nantinya.
 
# Kepang
 
Jika Anda keramas pada malam hari dan tidak ingin menggunakan pengering rambut, cobalah sisir rambut saat ma sih setengah kering, lalu kepang dengan rapat pada satu sisi. Ini cara yang paling sederhana untuk membuat rambut Anda tidak tampak ‘besar’ keesokan harinya. (f)

Baca Juga:

Tip Ciptakan Kontur Wajah Menggunakan Foundation dan Highlighter
6 Langkah Sukses Memasang Eyelash Extension
6 Cara Mudah Membuat Hidung Tampak Lebih Mancung Tanpa Operasi Plastik

 

Indra Ayu


Topic

#beautytip

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.