Food Trend
Telah Terpilih Koki Untuk Presiden Joko Widodo

12 Aug 2017


Foto: Helen Christianti

Setelah road show di lima kota berakhir, Lomba Masak Ikan Nusantara, kerjasama antara  Kantor Staf Presiden, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perikanan dan Kelautan, dan Primarasa.co.id di bawah naungan Femina Group, akhirnya mencapai babak final. Puncak acara lomba ini dilangsungkan pada Jumat 11 Agustus 2017 bersamaan dengan pembukaan festival keragaman kuliner Indonesia yang bertajuk Taste of Indonesia.
 
Sepuluh finalis asal Batam, Gorontalo, Biak Papua, Jakarta, dan Pontianak, diterbangkan oleh Garuda Indonesia untuk kembali bertarung di Ibu Kota. Berlokasi di Lippo Mall Kemang, perhelatan memasak berlangsung seru selama satu jam.
 
Dengan perlengkapan masak dari Rinnai dan Bright Gas, para peserta terlihat sangat bersemangat ketika lomba berlangsung. Bagaimana tidak, pemenang yang terpilih berkesempatan untuk berkunjung ke Dapur Istana  dan menjadi Koki saat perayaan HUT Indonesia ke-72 nanti. Ditambah pemenang akan memasak sajian mereka untuk bapak Presiden, Joko Widodo.
 
Selain rasa dan tampilan masakan, higienitas juga menjadi salah satu poin penting yang dinilai oleh para dewan juri. Dewan juri terdiri dari chef Vindex Tengker (perwakilan dari Garuda Indonesia), Dharmastuti Nugroho (Kepala Biro Pengelolaan Istana), Johan Susmono (Ketua Pokja 3, Tim Penggerak PKK Pusat), Vita Datau (Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, dan Naldi Budhyarto (head chef Dapur Uji Femina dan Redaktur Pelaksana Buku Masak Primarasa).
 
Setelah acara Taste of Indonesia resmi dibuka, chef Vindex mengumumkan ketiga pemenang. Peringkat satu diraih oleh Abdul Kadir asal Pontianak dengan sajian Botok Ikan Masak Putih. Di peringkat ke dua, Ruben Jeremia, satu-satunya finalis asal Jakarta yang melestarikan sajian Gabus Pucung Sambal Pete dan kreasi Ikan Santan Goroho buatan Narti Buo asal Gorontalo, berhasil menduduki peringkat ketiga.
 
“Kami dari pemerintahan berharap dengan adanya acara ini, masyarakat dapat lebih menggaungkan mengonsumsi hidangan laut. Karena sebagai negara maritim, seharusnya rakyat Indonesia mendapatkan kebutuhan proteinnya dari hasil laut, yang tidak hanya enak, tapi juga bergizi dan bernutrisi tinggi,” tutup Chrisma Albandjar, selaku Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan. Selamat kepada pemenang. (f)

Baca juga:
Ini 10 Finalis Lomba Makan Ikan Nusantara, Calon Koki untuk Presiden Jokowi
Cape Discovery, Wine Olahan Bali Kualitas Dunia
Chef Ken Berbagi Resep Gurami

Helen Christianti


Topic

#menujuistana, #ikanituenak