Food Trend
Coba Poke, Salad ala Hawaii yang Sedang Hits di Media Sosial

16 Jul 2017


Foto: Pixabay

Tren menikmati makanan sehat semakin menjamur. Dari restoran cepat saji yang menjual salad sampai kedai yang menjual smoothie bowl menjadi favorit masyarakat modern.
 
Ada juga pendatang baru yaitu poké, ikan salmon atau tuna dalam keadaan mentah dipotong dadu dan dihidangkan bersama sayuran dan kadang bersama nasi putih panas.
 
Salmon atau tuna tersebut dimarinasi bersama bumbu kecap dan taburan minyak wijen, menjadikannya favorit baik di kalangan pelaku gaya hidup sehat maupun penikmat kuliner.
 
Poké sendiri berasal dari Hawaii, namanya sendiri berasal dari kata ‘dipotong’. Disajikan sebagai appetizer namun sudah banyak yang menikmatinya sebagai main course. Menurut ahli sejarah makanan Rachel Laudan, hidangan yang mulai populer pada tahun 1970 sudah ada dari awal penduduk Hawaii menempati pulau tersebut.
 
Awalnya hidangan ini cenderung simpel, sisa potongan ikan dengan potongan rumput laut dicampur dengan kukui nuts yang dihancurkan dan taburan garam.
 
Banyaknya pendatang ke Hawaii akhirnya mempengaruhi komposisi dari hidangan ini. Para pendatang Jepang menambahkan shoyu, seiring berjalannya waktu minyak wijen mulai digunakan dan protein lain seperti gurita dan tahu mulai dijadikan pengganti.
 
Pada tahun 2012 hidangan ini mulai terkenal di Amerika Serikat terutama di daerah pantai. Banyak shack di pinggir pantai-pantai AS mulai menjual hidangan ini karena dekat dengan sumber ikan segar. Tidak hanya di pantai, gerai fast food yang menjual poké pun sangat menjamur.
 
Menurut Foursquare jumlah gerai poké di AS meningkat enam kali lipat dari tahun 2010 sampai ke 2015. Tidak hanya AS, negara lain seperti Belanda, Australia, dan Inggris juga memiliki banyak restoran yang menghidangkan poké, hingga akhirnya mulai merambah ke Indonesia di Bali dan Jakarta.
 
Komposisi utama dari poké adalah potongan ikan segar, shoyu,dan minyak wijen. Namun hal ini bisa dimodifikasi sesuai selera masing-masing tempat sehingga anda bisa menemukan banyak ragam poké di setiap restoran yang berbeda. Sudahkah Anda mencoba poké? Apa restoran poké favorit Anda? (f)

Baca Juga: 
Tip Aman Berbelanja Sashimi
Hidup Sehat itu Nikmat di Salad Stop

Dari Sushi hingga Kaminabe ada di Miyagi


Daniel Marpaung


Topic

#InfoKuliner

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?