Food Trend
7 Negara dengan Tradisi Minum Teh

11 Aug 2017


Foto: Pixabay
 
Mungkin sejauh ini kita hanya tahu tradisi menyeruput teh dalam jamuan elegan berasal di Inggris atau upacara minum teh di Jepang. Namun sesungguhnya, masih banyak negara-negara lain yang juga memiliki tradisi minum teh.
 
1/ Tiongkok
Sejarah mencatat, bangsa Cina merupakan bangsa pertama yang mengenal minuman dari seduhan daun teh (Camelia Sinensis). Penemuannya tak disengaja oleh kaisar Shen Nung ribuan tahun lalu.

Di Tiongkok, jamuan minum teh yang terkenal adalah yum cha. Biasanya disajikan bersama dim sum. Momen yum cha digunakan sebagai waktu berkumpul bersama teman dan kerabat untuk sekadar hang out.
 
2/ Jepang
Negara ini mengenal teh dari bangsa Tiongkok. Dulunya tradisi minum teh hanya dilakukan oleh pendeta Zen Buddha untuk bermeditasi. Di abad ke-18, jenis teh hijau baru diproduksi. Kemudian teh ini menjadi teh wajib di setiap upacara minum teh atau yang dikenal dengan nama chanoyu.
 
3/ Rusia
Di abad ke-17, bangsa Tiongkok memperkenalkan teh ke Rusia. Tradisi minum teh secara klasik di Rusia biasanya menggunakan samovar, sejenis ketel yang berfungsi sebagai pemanas air. Kemudian, zavarka atau poci khas Rusia dipanaskan hingga beruap dan daun teh dimasukkan. Setelah dituangi air panas, zavarka ditutup rapat agar aroma teh lebih harum.
 
4/ Prancis
Sebelum menyambangi Inggris, teh terlebih dahulu berkunjung ke Prancis. Konsep tea salon yang merupakan kombinasi antara kafe dan pastry shop dipopulerkan oleh Prancis. Kini teh dapat dinikmati di sebuah kafe selayaknya secangkir kopi dan didampingi dengan sajian manis maupun gurih.
 
5/ Belanda
Biasanya masyarakat Belanda meminum teh sebelum makan siang antara pukul 10–11 pagi dan setelah makan malam antara pukul 7–8 malam. Berbeda dengan Inggris, Belanda menyeruput tehnya dengan sekeping biskuit. Biasanya susu tidak digunakan dalam campurannya.
 
6/ India
Negara ini memiliki sejarah teh paling muda dibanding negara lain. Di abad ke-19, India menjadi salah satu negara penyuplai teh ke Inggris, selain Tiongkok. Darjeeling, India Utara, merupakan daerah pertama yang digunakan sebagai perkebunan teh. Biasanya masyarakat India mengkonsumsi teh sebagai chai yang merupakan campuran teh dengan rempah dan susu.
 
7/ Indonesia
Teh dikenal di Indonesia pada tahun 1686 berkat Andreas Cleyer, seorang dokter berkebangsaan Belanda. Lalu di abad 17, pemerintah Belanda mendatangkan teh dari Tiongkok dan mulai menanamnya di Tanah Air. Sejak saat itu teh menjadi minuman di acara jamuan resmi hingga penghangat keluarga.

Di beberapa daerah seperti Solo, Yogyakarta, Slawi, dan Tegal, ada tradisi meminum teh yang kental. Biasanya Indonesia meminum teh sembari menyantap jajanan pasar. (f)

Baca juga:
5 Macam Mustard Populer, Cocolan Lezat dari Barat
6 Jenis Bagel, Roti Sarapan Favorit di Barat


Helen Christianti


Topic

#Teh, #InfoKuliner