Nutrisi 

Makanan untuk Ibu Menyusui


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Makanan untuk Ibu Menyusui Femina
Tanya:
Saya sedang menyusui  dan kerap kali cemas jika produksi ASI jadi berkurang. Makanan apa sajakah yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI? Adakah jenis makanan yang perlu dihindari?  

Jawab:
Produksi ASI dikontrol oleh dua mekanisme, yakni hormonal dan gizi. Keseimbangan hormon dapat dicapai dengan mengonsumsi jumlah gizi yang cukup, baik dari sisi kuantitas, jumlah kilokalori, maupun kualitas dari sisi kelengkapan makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro nutrisinya (vitamin, mineral, fitonutrisi). Karbohidrat yang baik, seperti nasi merah, roti gandum, ubi menjadi sumber energi untuk memproduksi ASI. Protein, seperti kedelai (tahu/tempe), daging, telur, dan lemak yang baik (seimbang antara jenuh-tidak jenuh) seperti minyak kanola, minyak zaitun, avokad, kacang almond, memberikan kualitas ASI yang baik. Asupan vitamin dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar dengan jumlah minimum 5 porsi setiap harinya. Minum juga sangat penting, setidaknya 2 liter sehari. Hindari makanan yang terlalu berlemak dan terlalu manis karena ini tidak ada gunanya. Hindari juga makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan perasa.

Konsultan: Emilia Achmadi, Nutritionist




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Curhat Medsos Femina
TOPIK Hari Ini
Curhat Medsos
Media sosial memang sudah seperti reality show. Selain sharing informasi, tak jarang juga kita menemukan status berisi curhatan, keluh kesah, atau gerutuan tentang masalah yang dihadapi. Perlu nggak sih, kita ikut campur, sampai berkomentar menghakimi tentang curhatan mereka ini?
KOMENTAR
03 Sep 2015 - intifada
kalau menurut saya, apabila topik yang dibicarakan seru untuk dibahas dan perlu dikomentari ya komentar saja toh kan itu sudah milik publik karena dishare di media sosial. kalau pun kita sudah merasa gerah dan risih dengan postingan yang menurut kita ...
02 Sep 2015 - susanzahara
Saya rasa gak perlu......!!, kalo curhatannya mulai bikin gerah dan risih mending unfollow aja. Rasanya menghakimi itu sangat tidak etis dan gak ada untungnya.
02 Sep 2015 - theo b.mobile
males komen gosip2 artis n isu2, terutama yg sensitif kaya SARA.. mendingan liatin aja.. tapi adakalanya perlu bersuara



Majalah F35-2015 Femina  Edar 
Wednesday, 2 September 2015






  VIDEO