Nutrisi 

Kandungan dalam Roti Gandum


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Kandungan dalam Roti Gandum Femina
Roti gandum  menjadi pilihan anda disetiap paginya ketika sarapan, tapi apakah anda tahu kandungan apa saja yang terdapat didalamnya, mari anda check sekarang.

Gluten: Nama protein yang ada dalam tepung terigu. Dalam pembuatan white bread, gluten memegang peranan sangat penting. Merupakan kombinasi 2 jenis protein, yaitu gliadin dan glutanin. Saat bertemu dengan air, selama proses pengulenan adonan roti, gluten membentuk rongga yang menahan karbon dioksida hasil dari fermentasi ragi. Hasilnya adalah tekstur roti yang lembut dan mengembang.

Biji gandum: Terdiri dari 3 bagian (endosperm, germ, bran). Saat semua bagian dari biji gandum ini dihaluskan menjadi tepung, barulah tepung itu disebut tepung whole wheat.

Bran:  Bagian kecil dari biji gandum yang memiliki kandungan serat paling tinggi. Kehadiran bran akan memengaruhi kerja gluten. Itulah yang membuat roti whole wheat lebih berat,  serta kurang empuk dan kurang mengembang.

Germ: Bagian terkecil dari biji gandum yang   memiliki kandungan lemak paling tinggi. Bagian ini sering kali dibuang atau dipisahkan dari biji gandum, karena kandungan lemak yang tinggi akan membuat tepung cepat rusak (tengik).

Endosperm: Bagian terbesar dari biji gandum yang digunakan untuk membuat tepung terigu (bahan dasar roti putih). (f)





 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Jaminan Hari Tua Femina
TOPIK Hari Ini
Jaminan Hari Tua
Investasi atau asuransi yang Anda siapkan untuk pensiun?
KOMENTAR
29 Jul 2015 - diankh
Sebagai seorang Ibu dari dua anak, selain mempersiapkan investasi untuk mereka, saya juga mempersiapkan investasi untuk saya pribadi.Selain jamsostek, saya juga mempersiapkan tabungan investasi berupa tanah.Pikiran saya selalu jauh ke depan, karena h ...
29 Jul 2015 - puspa00
Dana pensiun memang perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari. Untuk itu saya mengikuti asuransi seperti jaminan hari tua dari Jamsostek dan juga mengambil produk investasi karena imbal hasilnya lebih menjanjikan daripada tabungan biasa. Produk investasi  ...
25 Jul 2015 - dianayamazaki
Karena umur saya masih muda, tidak masalah berinvestasi dengan tingkat risiko yang lebih tinggi. Saya memilih berinvestasi di dalam reksa dana saham dan saham. Dalam jangka panjang, investasi ini mendatangkan keuntungan (return) yang cukup tinggi. Se ...



Majalah Edisi 30 (1 - 7 Agustus 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 29 July 2015






  VIDEO