Celebrity
Kepedulian Kate Middleton dan Pangeran William Pada Masalah Kesehatan Mental

10 Oct 2018

Foto: Twitter @KensingtonRoyal

Global Ministerial Mental Health Summit London jadi acara resmi pertama Kate Middleton bersama Pangeran William setelah Kate melahirkan pangeran Louis. Dalam acara yang baru pertama kalinya diselenggarakan, bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober, tersebut pasangan kerajaan Inggris ini mendengarkan berbagai pengalaman dan kasus yang terkait kesehatan mental. 
 
Pertemuan tingkat tinggi ini bertujuan untuk mencapai kesetaraan antara penanganan kesehatan mental dan fisik di seluruh dunia. Keduanya sempat menorehkan cat pada lukisan karya Dairo Vargas berjudul Someone To Turn To. Lukisan ini menjadi simbol bahwa setiap orang bisa mengulurkan tangan, membantu menangani masalah kesehatan mental. 
 
Mereka juga sempat mencoba duduk di bangku yang disebut Frendship Bench. Kursi kayu berwarna kuning yang cukup untuk diduduki tiga orang dewasa itu diambil dari kearifan lokal di Zimbabwe yang menyimbolkan tempat untuk mndengarkan dan memberi dukungan bagi mereka yang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

Foto: Twitter @KensingtonRoyal

The Duke and Duchess of Cambridge ini memang memiliki kepedulian besar terhadap kesehatan mental. Bersama Pangeran Harry, Kate dan William meluncurkan kampanye Heads Together pada tahun 2016, sebagai platform untuk menumpas stigma terhadap kesehatan mental. 

Sebelumnya Kate juga ikut bicara dalam kampanye Young Minds Matter, tentang pentingnya memperhatikan kesehatan mental anak-anak. Dalam essainya Kate menulis, kesehatan mental anak-anak sama pentingnya dengan kesehatan fisik mereka. 

Kate mengajak orang tua untuk tidak malu mengakui saat anak-anak butuh bantuan ahli kesehatan jiwa, karena kekhawatiran tentang stigma yang melekat pada kesehatan jiwa itu dapat memengaruhi masa depan anak-anak. Ia juga memperingatkan akibat yang bisa terjadi jika menunda perawatan kesehatan mental terhadap anak-anak yang membutuhkannya.

Saat itu Kate menulis, sebagai orang tua  masa kini, ia dan William tidak akan ragu untuk mencari bantuan bagi anak-anak mereka, saat itu baru ada George dan Charlotte, jika mereka membutuhkannya. Serta  mendorong anak-anak mreka untuk mengungkapkan perasaan mereka dan memberikan mereka bekal agar tumbuh menjadi anak yang sensitif dan peduli pada teman sebaya yang mengalami masalah kesehatan jiwa. (f)

Baca Juga:

Burnout, Penyakit Yang Menghantui Entrepreneur
Belajar Dari Kasus Kate Spade Bunuh Diri, Stigma Pada Gangguan Kesehatan Jiwa Harus Dipupus


Nuri Fajriati


Topic

#royalcouple, #kerajaaninggis, #katemiddleton, #pangeranwilliam, #kesehatanmental, #worldmentalhealthday

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.