Agenda
Sinergi Jakarta Fashion Week, Brightspot, dan IdeaFest Dalam Satu Payung Bernama ID Creative Week

30 Sep 2018

Foto: ID Creative Week
 
Kesuksesan tiga acara besar selama lebih dari setengah dekade yang mengusung kreativitas menggagaskan ide untuk bersinergi agar bisa menciptakan gaung yang lebih besar.  Even tersebut adalah Jakarta Fashion Week, Brightspot, dan IdeaFest yang kini  berada dalam satu payung bernama ‘ID Creative Week’.
 
Jakarta Fashion Week menginjak tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke-9, sedangkan IdeaFest memasuki tahun ke-7 dengan penyelenggaraannya yang ke-5.
 
Jika digabungkan, setiap tahunnya ketiga ajang ini mengumpulkan nyaris 110.000 pengunjung dan 700 pelaku industri kreatif dalam 250 segmen acara, serta melibatkan lebih dari 1250 awak media nasional dan internasional. Belum lagi didukung aset situs resmi dan media sosial ketiganya yang setia dikunjungi, setidaknya 500.000 pasang mata akan menyaksikan ID Creative Week melalui situs resmi, Instagram, Twitter, dan Facebook ketiga ajang pendirinya. 
 
“Kami memiliki segmen yang saling bersinggungan, tidak hanya dari segi pengunjung, tapi juga pengisi acaranya sendiri. Meski demikian, dengan kemasan dan agenda yang berbeda, yang tercipta bukan kompetisi, tapi justru sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan. Dari situ kami menemukan pemikiran yang sama, untuk semakin mempromosikan industri kreatif, maka kami bahu membahu untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Dari pemikiran kolaboratif itulah, ID Creative Week lahir,” ungkap Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week.
 
Memikul tugas mengarahkan wadah besar ini, setiap tahunnya posisi Chairperson akan dialihkan kepada masing-masing otak di tiap ajang. Di tahun pertama ini, Svida Alisjahbana sebagai Chairwoman dari Jakarta Fashion Week sekaligus CEO Femina Group didapuk sebagai pengemban pertamanya. Tentunya penunjukkan ini punya alasan kuat, di antaranya pengalaman dan jaringan yang dimiliki Jakarta Fashion Week dalam mengembangkan industri kreatif selama sebelas tahun ini.
 
"Tahun depan, disesuaikan pula dengan target yang sedang menjadi fokus, maka Anton Wirjono dari Brightspot atau Ben Subiakto dari IdeaFest akan menggantikan saya. Setiap tahun akan diadakan rotasi, supaya program ini tidak stagnan, terus berevolusi menghasilkan variasi," papar Svida.
 
ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan Jakarta Fashion Week yang dibuka tanggal 20 Oktober 2018, disusul dengan Brightspot di tanggal 25 Oktober 2018, dan IdeaFest di tanggal 26 Oktober 2018. Agenda acara yang saling bersinggungan ini didukung dengan lokasi acara yang terbilang dekat, Jakarta Fashion Week di Senayan City, Brightspot di Pacific Place, dan IdeaFest di Jakarta Convention Center. (f)

Baca Juga: 
Perpaduan Warna Putih dan Merah yang Rupawan dari Jakarta Fashion Week 2018
Jakarta Creative Hub, “Bengkel” Kreatif Orang Muda Jakarta yang Terinspirasi dari JFW
Merayakan 46 Tahun Femina Hadir untuk Menguatkan Wanita Indonesia
 
 
 

Reynette Fausto


Topic

#IDCreativeWeek

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.