Travel
6 Tempat Wisata Ramah Wanita di Yogyakarta dan Sekitarnya

22 Mar 2019


Foto: Desiyusman Mendrofa


Bepergian sendiri tentu butuh banyak persiapan, terutama mental. Faktor keamanan menjadi hal yang krusial. Karena itu, seorang traveler wanita wajib mencari tahu terlebih dahulu apakah destinasi yang akan ia datangi aman atau tidak. Berikut kami rangkum enam tempat wisata ramah wanita di Jogja dan sekitarnya.
 
1/ Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat
 
Karena ini kompleks istana, Kraton tentunya memiliki penjagaan yang ketat. Anda pun bisa sedikit bersantai saat berjalan-jalan di dalam kawasan Kraton. Anda bisa meminta bantuan kepada para penjaga bisa terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan. Istana ini berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton. Harga tiket masuk ke Kraton juga murah, yakni cuma Rp7.000.

2/ Candi Prambanan

Candi Prambanan yang berada di Jalan Raya Solo-Jogja merupakan destinasi yang cukup dekat dari pusat kota Jogja. Penjagaan di situs ini cukup bagus, dimana ada sejumlah penjaga yang selalu disiagakan di beberapa pos. Untuk masuk ke candi ini, Anda harus membayar tiket sebesar Rp30.000.
 
3/ Kawasan Malioboro

Kawasan Malioboro juga terbilang aman bagi siapa saja. Terlebih lagi, kawasan ini sekarang lebih lengang karena tidak ada lagi tempat parkir di sekitarnya. Jadi, Anda bisa duduk santai di bangku yang disediakan di sekitar trotoar. Anda juga bisa menikmati hidangan lezat yang disajikan di warung yang tersebar di kawasan Malioboro.
 
4/ Taman Pelangi

Anda bisa menemukan taman ini di dalam kompleks Monumen Jogja Kembali. Sering disebut Monjali. Pengunjung yang datang ke taman ini sebagian besar adalah keluarga. Untuk mengakses tempat ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 untuk weekdays dan Rp15.000 untuk akhir pekan atau saat hari libur nasional.
 
5/ The World Landmarks Merapi Park

Ingin berswafoto yang aman dan nyaman? Datang saja ke The World Landmarks Merapi Park! Destinasi wisata ini telah dibuka sejak Juni 2017 lalu. Meski terbilang baru, ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang hits di Jogja. Anda bisa melihat beragam miniatur landmark tersohor seperti Menara Pisa, Eiffel, Patung Liberty, dan masih banyak lagi. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 saja untuk biaya tiket masuk.
 
6/ Taman Sari

Bangunan bersejarah ini berada sekitar 400 meter di bagian barat Kraton. Karena masih berada di kompleks Kraton, Taman Sari juga aman untuk traveler wanita. Akses menuju destinasi wisata ini memiliki penjaga yang senantiasa memantau para wisatawan. Dengan demikian, Anda pun bisa lebih leluasa untuk menjelajahi Taman Sari, tanpa harus terlalu was-was. Harga tiket untuk masuk ke situs bekas pemandian raja ini hanya Rp3.000.

Yang juga penting diperhatikan adalah penginapan.. Pilihlah akomodasi yang berada di kawasan yang aman. Lakukan riset lewat internet, serta cari tahu ulasan seputar hotel yang Akan Anda tempat. Tak perlu ribet, beragam aplikasi kini telah tersedia, seperti halnya aplikasi Airy. Dengan demikian, Anda bisa memilih hotel yang sesuai  dengan kemampuan, dan tentunya Anda juga bisa melihat ulasan dari traveler lain, sebagai bahan pertimbangan. (f)

Baca Juga:

Indonesia Negara Ke-4 Paling Instagramable di Dunia
Pesona Kuda Liar dan Padang Savana di Puru Kambera, Sumba Timur



 

Desiyusman Mendrofa


Topic

#jogja, #wisatajogja, #travel, #yogyakarta

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.