Tip Masak
Rahasia Masak Jengkol Agar Legit dan Tidak Bau

19 Jul 2018


Foto: Shutterstock
 
Anda termasuk kelompok yang blak-blakan penggemar jengkol, atau diam-diam menikmati kelezatan jengkol? Walau harganya terkadang bisa melampaui harga daging sapi, jengkol sering dianggap sebagai makanan kelas dua karena aroma tak sedap yang dihasilkannya. Padahal, jika sudah mencoba dan terkena ‘sihirnya’, Anda pasti akan ingin terus memakannya.

Walau banyak penggemarnya, tak sedikit juga yang tidak menyukainya. Alasannya pasti karena aromanya yang menyengat, baik aroma masakan hingga pengaruhnya pada air seni si pemakan. Itu sebabnya, penjual menu jengkol yang menulis kalimat ‘tidak bau!’ menjadi incaran.

Setiap pemasak memiliki rahasia sendiri untuk membuat jengkol yang diolahnya tidak bau. Jika Anda ingin membuat balado jengkol bebas bau, coba beberapa tip femina berikut:

1/ Pilih jengkol yang sudah tua
Ada dua macam jengkol yang bisa diolah menjadi masakan, yakni jengkol muda dan jengkol tua. Jengkol muda biasa dijadikan lalap ditemani sambal. Sedangkan untuk masakan seperti semur atau balado, gunakan jengkol tua yang teksturnya lebih lunak dan legit saat dimasak. Ciri-cirinya adalah jengkol yang sudah meletek dan kulit ari yang keras dan berwarna cokelat tua.

2/ Rendam jengkol
Merendam jengkol membantu mengurangi bau dan menetralisir racun yang terkandung di dalamnya. Rendam semalaman. Proses ini akan membantu melunakkan kulit ari hingga mudah dikupas. Ada juga yang merendamnya dengan kapur sirih untuk menghilangkan baunya.

3/ Rebus dengan rempah
Sebelum diolah bersama bumbu-bumbu, jengkol harus melalui proses perebusan. Untuk menyamarkan baunya, rebus bersama herba seperti daun jeruk yang telah diiris-iris. Ada juga yang menggunakan daun jambu biji  saat merebusnya. Jangan rebus jengkol terlalu matang agar tidak hancur saat dipipihkan.

4/ Bumbu medok
Setelah direbus , jengkol dipipihkan agar bumbu dapat lebih meresap.  Setelah itu, jengkol siap diolah menjadi sajian favorit. Apa pun jenis sajiannya, jangan setengah-setengah saat memberi bumbu. Selain memberi rasa, bumbu yang medok juga akan membantu menghilangkan bau jengkol yang selalu menjadi momok itu. Selamat mencoba.

Baca juga:

Tip Mencuci Babat Agar Bersih dan Tidak Bau

Trik Membuat Gorengan Renyah Tanpa Tepung Roti

5 Bahan Ini Baunya Menyengat, Mana yang (Diam-Diam) Anda Suka?
 

Isyana Atiningmas


Topic

#tipmasak, #jengkol

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.