Tip Masak
Cara Tepat Menyimpan Minyak Goreng

16 May 2018


Foto: Pixabay

Minyak goreng pastilah menjadi benda yang sehari-hari dijumpai jika Anda termasuk yang gemar berkutat di dapur.

Perannya sangat penting dalam dunia masak, namun tak sedikit yang mengetahui bahwa benda ini perlu perhatian saat menyimpannya agar kualitasnya tetap prima. Ini beberapa hal yang perlu diketahui saat menyimpan minyak untuk memasak:

1/ Hindari paparan udara
Minyak goreng ternyata dapat terkontaminasi oleh udara. Agar minyak goreng tahan lebih lama, batasi paparan udara pada minyak goreng dengan tidak sering membuka tutup wadahnya.

Jika membeli dalam jumlah banyak, jangan simpan semuanya dalam satu wadah besar. Simpan sebagian dalam wadah kecil kedap udara untuk pemakaian sehari-hari.

2/ Hindari cahaya
Cahaya atau sinar langsung akan menurunkan kualitas minyak goreng. Simpan minyak goreng dalam wadah yang tak tembus cahaya pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung seperti dalam lemari dapur.

3/ Simpan di tempat yang sejuk
Paparan panas terlalu lama bisa membuat minyak goreng semakin cepat basi serta menghilangkan kandungan antioksidan di dalamnya. Jangan simpan minyak goreng di tempat yang panas atau hangat seperti di dekat kompor atau oven. (f)

Baca juga:
10 Fakta Tentang Minyak

Tip Hemat Menggoreng dengan Minyak Banyak (Deep Frying)

Cerdas Membaca Label
 

Isyana Atiningmas


Topic

#tipmasak, #minyakgoreng

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.