Tip Masak
Tip Hemat Menggoreng dengan Minyak Banyak (Deep Frying)

14 May 2018


Foto: Pixabay
 
Menggoreng lebih dari sekadar mematangkan makanan. Selain memberi cita rasa gurih pada makanan, menggoreng juga memberikan tekstur renyah yang disukai. Sebab itulah mengapa ibu-ibu rumah tangga bahkan chef restoran pun gemar dengan cara memasak ini.

Namun, untuk menjaga kualitas makanan dan kualitas minyak yang digunakan, kita tidak boleh sembarangan dalam menggoreng.

Berikut beberapa tip menggoreng agar kualitas makanan lebih terjaga:

1/ Hindari memanaskan miyak goreng hingga berasap.
Sebelum menggoreng atau menumis, minyak harus dipanaskan terlebih dahulu. Tapi, jangan memanaskannya hingga berasap. Miyak yang berasap berarti minyak sudah teroksidasi dan telah kehilangan kandungan vitamin di dalamnya.

2/ Hindari menggoreng dengan minyak bekas.
Minyak goreng memang bisa digunakan secara berulang tergantung dari cara pemakaiannya. Tapi, jika minyak ggoreng telah berubah warna dan berbau, sebaiknya ganti dengan minyak goreng yang baru. Minyak yang telah dipakai berulang kali akan berubah rasa dan aromanya sehingga bisa merusak sajian yang akan digoreng.

“Kami selalu menyarankan pemakaian minyak goreng adalah dua kali pengulangan” ujar Surya Dharmanto, Head of Marketing PT. Salim Ivomas Pratama saat ditemui pada kegiatan kampanya #ICOOKLIKETHIS oleh Bimoli.

3/ Perhatikan urutan menggoreng.
Surya Dharmanto menjelaskan bahwa musuh minyak goreng adalah air. Jadi, saat menggoreng, usahakan menggoreng bahan makanan yang kadar airnya paling rendah terlebih dahulu. Misal: menggoreng tempe, lalu menggoreng ikan.

4/ Saring minyak setelah menggoreng.
Menggoreng makanan biasanya dilakukan dalam beberapa tahap. Biasakan menyaring ampas atau remahan yang tertinggal dalam minyak sebelum menggoreng ke tahap selanjutnya.

Menggoreng tempe bertepung adalah contoh sederhananya. Saat menggoreng, biasanya ada remahan tepung yang terlepas dan tertinggal dalam wajan. Jika tidak disaring, tepung ini akan gosong saat menggoreng tempe berikutnya, sehingga akan merusak rasa makanan dan minyak.

Baca juga:

5 Langkah Mudah Membuat Ayam Goreng Crispy

7 Tip Menyimpan Kue Kering untuk Persiapan Lebaran

Rahasia Membuat Sambal Korek Enak untuk Ayam Geprek

Simak juga:



 



 

Isyana Atiningmas


Topic

#tipmasak, #goreng

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.