Tip Masak
6 Jenis Buttercream untuk Membuat Kue

10 Oct 2017


Foto: Dok. Pixabay
 
Buttercream tentu sudah populer di telinga Anda. Terlebih jika menghias kue merupakan hobi Anda.
 
Adonan mentega ini menarik para penikmatnya lewat tekstur lembut, creamy, dan rasa yang tak terlalu manis.
 
Buttercream ada beberapa jenis bergantung dari proses pembuatannya. Kenali perbedaannya. Siapa tahu Anda mau mencoba membuatnya sendiri di rumah.
 
1/ American Buttercream
Buttercream yang paling mudah dibuat dibanding yang lainnya. Cukup kocok bahan lemak, seperti mentega, margarin, atau mentega putih dengan gula bubuk hingga mengembang. Beberapa juga kerap menambahkan beberapa sendok makan susu cair untuk melembutkan teksturnya.
 
2/ Swiss Meringue Buttercream
Sesuai dengan namanya, pembuatan buttercream ini menggunakan campuran swiss meringue. Putih telur dan gula dipanaskan dengan cara di tim hingga gula mencair dan suhu tidak lebih dari 64° C. Kemudian, putih telur dikocok menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga kaku, lalu tambahkan lemak. Campuran meringue ini menghasilkan struktur buttercream yang lebih kokoh dan tidak cepat mencair dalam suhu ruang yang cukup tinggi.
 
3/ Italian Meringue Buttercream
Pembuatannya menyerupai swiss meringue buttercream. Hanya berbeda pada tahap pembuatan merengue dengan teknik Italian meringue. Gula dicampurkan dengan sedikit air, kemudian dipanaskan hingga mencapai suhu 116° C. Larutan gula panas ini dituang perlahan-lahan ke dalam putih telur sembari dikocok menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Setelah putih telur kaku, baru ditambahkan lemak.
 
4/ French Buttercream
Pembuatannya hampir mirip dengan cara Italian meringue buttercream yang memanaskan gula hingga mencapai suhu tinggi. Namun, bukan putih telur yang digunakan melainkan kuning telur. Kandungan lemak yang tinggi dari penggunaan kuning telur dan lemak membuat buttercream ini cenderung lebih cepat meleleh, sehingga penggunaannya lebih cocok sebagai bahan lapisan atau isi kue daripada digunakan sebagai bahan dekorasi.
 
5/ German Buttercream
Pastry cream menjadi bahan dasar pembuatan buttercream ini. Pastry cream yang berasal dari campuran susu, gula, tepung maizena, dan telur, dimasak terlebih dahulu, kemudian didinginkan. Setelah dingin baru dikocok menggunakan mixer dan dicampurkan lemak. Buttercream ini tidak memiliki tekstur yang kokoh dan cenderung lembek, sehingga tidak cocok digunakan untuk membuat hiasan dengan teknik  piping.
 
6/ Pudding Style Buttercream
Puding yang dimaksud memiliki proses pembuatan layaknya pastry cream. Terbuat dari campuran susu, tepung terigu, gula, dan mentega. Setelah masak, kemudian didinginkan dan dicampur dengan lemak. Untuk German buttercream dan pudding style buttercream, penambahan rasa bisa dilakukan saat pembuatan bahan dasar buttercream tersebut.

Perbedaannya dengan German Buttercream terletak pada tepung yang digunakan dan teksturnya. German buttercream lebih lembek layaknya custard, sedangkan pudding style buttercream yang biasa digunakan sebagai isi kue sus lebih kokoh. (f)

Baca juga:
Chocolate Cheese Cake, Kue Jadul yang Tren Lagi
Resep Tiger Roll Cake
8 Tip Dasar Dekorasi Korean Buttercream Flowers dari Lucia Cake


Helen Christianti


Topic

#tipmasak, #buttercream, #baking