Money
Mana Yang Lebih Baik, Buka Rekening Tabungan Bareng Pasangan Atau Terpisah?

20 Mar 2019


Foto : Pixabay

Dulu pasangan suami-istri akan membuat rekening bersama (joint account). Tapi kini semakin banyak pasangan muda, yang mana menurut situs Finder.com di Australia, sekitar 43 persen pasangan menerapkan rekening terpisah (separate account).
 
Di awal-awal masa pernikahan, pasangan muda sebaiknya menentukan pola pengaturan keuangan dalam rumah tangga. Secara umum, yang paling mudah adalah mengatur penghasilan dan pengeluaran tergabung. Alternatif lain, masing-masing menentukan jumlah nominal yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan rumah tangga, dan sisanya bisa digunakan untuk pos pengeluaran pribadi.
 
Walau tiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengelola keuangan, sebagian besar pakar keuangan menyarankan untuk melakukan cara yang lebih hybrid, yaitu menerapkan separate account dan joint account secara bersamaan. Lebih sederhananya, tiap pasangan memiliki akun rekening pribadi sendiri, tapi juga tetap membuat rekening bersama untuk kebutuhan domestik rumah tangga.

Menurut Prita Hapsari Ghozie, Financial Planner dari ZAP Finance, memiliki rekening bersama memang cukup bermanfaat, membantu menyederhanakan dalam mengatur keuangan. Selain itu, kepemilikan rekening bersama juga bisa meningkatkan kepercayaan.
 
Prita menganjurkan, dalam perencanaan keuangan ada beragam hal yang harus menjadi prioritas pasangan suami-istri, misalnya dana darurat untuk kebutuhan tak terduga, dana pembelian rumah tinggal, dana untuk membesarkan anak, termasuk dana pendidikan anak, dana pensiun, dan dana liburan keluarga.
 
Sementara soal investasi, menurutnya yang perlu dimiliki oleh pasangan muda adalah investasi berbasis saham. Sebab, pasangan muda perlu menyiapkan masa pensiun yang masih di atas 20 tahun lagi. “Investasi bisa juga dikombinasikan dengan emas sebagai investasi yang aman,” tambahnya. Investasi sedini mungkin lebih baik, karena modal yang dibutuhkan akan lebih sedikit.
 
Pasangan muda juga lebih terbuka terhadap investasi online. Selain lebih mudah dipantau, investasi online juga memiliki cakupan yang luas, dan yang paling menarik adalah bisa dimulai dengan modal kecil dan proses transaksi mudah.
 
Namun, karena tersebar begitu luas dan masif, kita diharapkan mampu menilai apakah skema investasi yang ditawarkan tersebut layak atau tidak. Maklum saja, di dunia online, ancaman terhadap investasi-investasi bodong makin merajalela, sehingga kita perlu ekstra waspada. (f)
 
Baca Juga:


Perencanaan Keuangan Untuk Pengantin Baru
Agar Keuangan Bisnis Kecil Selalu Terkontrol
Cara Jualan Kekinian, Memainkan Emosi Pembeli


Desiyusman Mendrofa


Topic

#perencanaankeuangan, #money

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.