Health & Diet
Sehat Dari Rumah dengan Treadmill

24 Oct 2017


Foto: 123RF

Sebuah studi yang dilakukan oleh lembaga survei Nautilus, Inc. pada tahun 2014 menyatakan bahwa 47% dari 1.000 warga Amerika Serikat berusia 18 tahun ke atas melakukan olahraga di rumah dengan alasan lebih merasa bebas dan tidak perlu malu, bisa menggunakan kostum apa saja yang mereka inginkan. Alasan mereka untuk menyempatkan waktu berolahraga di rumah adalah demi menjaga kesehatan (55%), penampilan (27%), menghilangkan stres (12%), dan untuk kesenangan (6%).

Berikut ini alat-alat serta kombinasi olahraga yang dapat Anda coba sendiri di rumah, seperti treadmill, yang tidak menuntut area terlalu luas, menurut Anton Mardiansyah, Fitness Manager dari Fitness First.

>>KEGUNAAN: Kardio untuk melatih jantung.
 
>>DURASI: Untuk melatih kardio, durasi latihan harus 30-45 menit, karena 10-15 menit pertama hanyalah pemanasan. Sebagai variasi, Anda bisa melakukan interval training dengan pengaturan: satu menit pertama jalan biasa, kemudian satu menit berikutnya joging (lari pelan), 30-60 detik selanjutnya sprint (lari cepat). Latihan selama 2 menit ini bisa Anda ulangi sesuai kemampuan. Untuk meningkatkan
tantangan, Anda bisa menambah tingkat kemiringan treadmill.
 
>>PERHATIKAN INI: Penggunaan alas kaki yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko cedera. Berlatih kardio terlalu sebentar tidak cukup untuk mencapai target yang diinginkan.
 
>>PENCEGAHAN CEDERA: Lakukan peregangan sebelum berlatih untuk menyiapkan tubuh, terutama sendi-sendi kaki dan panggul. Kenakan sepatu lari yang memiliki bantalan untuk meredam entakan dalam frekuensi berulang. Penderita obesitas tidak dianjurkan untuk berlari, lebih baik berjalan cepat. Hal ini juga berlaku untuk lansia.(f)

Baca juga:


Novita Permatasari


Topic

#sehatdarirumah

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.