Gadget
Waktu Terbaik Berbisnis Di Facebook & Instagram

24 Sep 2018


Foto: Shutterstock
 
Berdasarkan laporan digital tahunan Facebook April lalu, ada lebih dari 2,17 miliar orang menggunakan media sosial ini tiap harinya. Indonesia ada di urutan ke-4 sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia. Ini membuat Facebook menjadi makin penting untuk digunakan dalam membangun kredibilitas bisnis secara online.
 
Terlebih lagi ketika hampir 40 persen bisnis kecil menggunakan media sosial ini dalam strategi pemasaran produk mereka. Kondisi ini memberi peluang lebih besar bagi para pebisnis untuk menjaring sebanyak-banyaknya konsumen dengan cara yang lebih mudah dan murah.
 
Media sosial kini menjadi wadah social selling paling ampuh, karena ia tak ubahnya seperti mini micro site yang memudahkan para pebisnis mengenalkan produk tanpa harus memiliki situs sendiri. Di antara banyaknya media sosial yang digunakan sebagai platform promosi, Facebook dan Instagram jadi raja. Mungkin hampir semua bisnis UKM saat ini memiliki akun bisnis di salah satu atau dua media sosial tersebut.
 
Salah satu cara memaksimalkan penggunaan kedua media sosial tersebut untuk kebutuhan bisnis adalah dengan mengunggah di waktu yang tepat. Kapan itu?
 
Facebook
 
Menurut data Pew Research Center, 71 persen audiensi mengunjungi Facebook tiap hari. Maka, tak ada aturan khusus kapan hari terbaik mengunggah konten promosi. Untuk jam terbaiknya adalah antara pukul 12 malam hingga pukul 3 sore pada hari biasa. Sedangkan di akhir pekan (Sabtu dan Minggu), sebaiknya mengunggah konten promosi pada pukul 12 malam hingga 1 siang.
 
Namun, jangan takut bereksperimen sendiri dan melihat hasil analisa dari posting-an mana yang mendapatkan respons paling banyak dan diunggah pada hari dan pukul berapa. Dari situ Anda bisa tahu waktu terbaik untuk mengunggah konten promosi di Facebook.
 
Instagram
 
Karena audiensi Instagram mengaksesnya lewat telepon seluler, biasanya waktu terbaik mengunggah konten promosi adalah mulai dari pukul 6 pagi hingga 12 malam. Namun, tiap akun dan jenis bisnis bisa berbeda-beda waktu yang tepat mengunggah konten, sehingga perlu dilihat terlebih dahulu siapa sasaran pasarnya.
 
Jangan takut melakukan eksperimen. Perhatikan, konten mana yang paling banyak mendapatkan ‘likes’ dan interaksi dari audiensi, dan lihat pada pukul berapa konten tersebut diunggah. Setelah mengetahuinya, maka bisa jadi itulah waktu terbaik untuk Anda mengunggah konten.

Namun, pihak Instagram menyarankan minimal mengunggah 3 konten Feed dalam seminggu. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan awareness audiensi terhadap profil bisnis Anda. Sementara, untuk fitur Stories, Anda bisa lebih bebas mengunggah kontennya. (f)

Baca Juga:

6 Cara Amankan Data di Facebook Anda
Lindungi Anak dari Bullying dan Konten Negatif dengan 7 Fitur Instagram Ini
Lagi Tren, Ini 6 Cara Mudah Bikin Foto Bokeh di Instagram
 

Citra Narada Putri


Topic

#gadget, #aplikasi, #mediasosial

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.