Gadget
Twitter Segera Luncurkan Fitur Bookmark untuk Menandai dan Menyimpan Tweet

11 Oct 2017

Kesibukan aktivitas harian sering membuat orang tertinggal oleh padat dan cepatnya arus informasi di Twitter. Untuk mengatasinya, seringkali orang “menyimpan” tweet tertentu untuk dibaca nanti dengan cara retweet, copy-paste link di aplikasi Notes atau email lalu diemailkan pada diri sendiri, dan yang paling banyak dilakukan adalah menekan ikon Favorit atau sekarang adalah Love.
 
Masalahnya, untuk cara yang terakhir, sering juga, tweet yang kita “simpan” akhirnya malah tenggelam bila ada penambahan tweet yang di-love baru. Pengguna pun jadi kesulitan mencari tweet tersebut, akhirnya tetap saja tidak bisa membacanya.
 
Menanggapi permasalahan tersebut, Selasa (10/10), Twitter mengumumkan rencana untuk meluncurkan fitur yang serupa dengan fitur bookmarking pada platform atau aplikasi lain. Dilansir dari Techcrunch.com, rencana ini diungkapkan oleh Head of Product Twitter, Keith Coleman, pada tweetnya bahwa Twitter tengah menggodok cara menyimpan tweet tersebut, sebagai bagian dari proyek HackWeek Twitter, yang disebut #SaveForLater.
 
Product Manager Twitter, Jesar Shah, kemudian menjelaskan bahwa fitur bookmark ini sebenarnya sudah banyak diminta oleh para pengguna Twiiter, terutama oleh pengguna dari Jepang. Seperti yang telah disebutkan, berbagai cara dilakukan pengguna untuk menandai dan menyimpan suatu tweet untuk dibaca nanti, namun tidak ada satu pun yang lebih mudah dari sekadar menekan tombol atau ikon save.
 
Memang, salah satu yang paling mudah adalah menekan simbol hati. Tapi ini bisa disalahartikan sebagai tanda pengguna menyukai atau memberikan reaksi positif pada tweet tersebut, padahal belum tentu seperti itu.
 
Sebuah percobaan sudah dilakukan tim Twitter dengan membuat prototipe fitur tersebut (lihat pada gambar slide di atas). Tampak bahwa jika fitur tersebut diluncurkan, pengguna tinggal menekan tanda titik tiga di pojok kanan bahwa sebuah tweet yang mau disiman. Pengguna lalu tinggal menekan tombol “Add to Bookmarks”, tweet tadi otomatis masuk ke daftar bookmark. Tapi, Jesar menambahkan, desain ini bisa saja berubah ketika diluncurkan nanti.
 
Belum bisa dipastikan kapan fitur ini akan diluncurkan, namun, bocoran Techcrunch.com—yang didapat dari spokesperson Twitter—fitur ini sebenarnya bukan hanya percobaan lagi, tapi sudah siap diluncurkan dengan segera.
 
Wah, menurut Femina, fitur ini memang sangat dibutuhkan sekarang mengingat kadang kita ingin membaca sebuah link dari Twitter atau melihat lagi suatu tweet, tanpa harus menyukai tweet tersebut.
 
Bagaimana dengan Anda?(f)


Baca juga:
3 Fitur Baru Twitter untuk Tweet Makin Leluasa, Termasuk Hilangkan Jumlah Karakter Username
Twitter Uji Coba Jadi 280 Karakter, Anda Setuju?
Akun Twitter Resmi EXO Raih 1 Juta Followers, Twitter & Soompi Gelar Kompetisi Fan Art Global


Meiranie Nurtaeni


Topic

#twitterbookmark