Gadget
Hemat Kuota Internet Sampai 30% dengan Aplikasi Datally dari Google

1 Dec 2017


Foto: Pixabay

Internet sudah jadi kebutuhan informasi utama masyarakat saat ini. Tinggal ketik tentang sesuatu di kolom search, masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sayang, kecemasan habisnya paket data yang dimiliki membuat banyak orang tidak mengkases internet secara menyeluruh, sehingga informasi tidak sempurna didapatkan.
 
Google, melalui siaran pers yang diterima Femina, melihat hal tersebut sebagai hambatan yang cukup penting, khususnya bagi miliaran pengguna berikutnya yang disebut Next Billion Users. Istilah tersebut diberikan kepada mereka yang tidak hanya khawatir kuota internetnya cepat habis, tapi juga sering tidak tahu atau tidak memahami untuk apa saja kuota mereka digunakan, serta mengalami kesulitan mengontrol penggunaan kuota pada aplikasi yang dipakai.
 
Untuk mengatasi hal tersebut, Google meluncurkan aplikasi Datally, sebuah aplikasi Android untuk membantu pengguna ponsel memahami, mengontrol, dan menghemat kuota. Menurut Caesar Sengupta, Vice President Tim Next Billion Users Google, Datally tercipta untuk membantu pengguna lebih menghemat dan melakukan banyak hal dengan kuota Internet yang dimiliki, sehingga bosa membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi Internet.
 
Keunggulan Datally adalah membantu pengguna mengetathui ke mana saja kuota digunakan dengan menunjukkan seberapat banyak kuota yang telah dipakai selama sehari, mingguan, hingga per bulan. Datally juga memberitahu aplikasi yang memakan kuota dalam jumlah banyak. Serta, seiring berjalannya waktu, Datally akan mempelajari pola penggunaan kuota dan menawarkan rekomendasi untuk menghemat kuota.
 
Berikut fitur-fitur utama Datally yang didesain sesuai kebutuhan pengguna ponsel pintar di Indonesia:
 
1. Penghemat Kuota
Beberapa aplikasi di ponsel sering menggunakan kuota secara diam-diam (otomatis) di latar belakang (background) untuk terus memperbaharui konten dan informasi. Berdasarkan riset, Datally memungkinkan kuota dikontrol oleh pengguna aplikasi hingga 30% bergantung cara mereka menggunakan Datally.

 
2. Balon Penghemat Kuota

Setelah Penghemat Kuota diaktifkan, Balon Penghemat Kuota di Datally akan muncul. Balon ini akan menampilkan jumlah penggunaan kuota terhadap sebuah aplikasi. Pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan kuota di aplikasi tersebut jika penggunaan kuota sudah tidak terkendali.
 
3.Kelola Data
Datally akan memberitahu jika sebuah aplikasi menggunakan kuota dalam jumlah yang banyak, serta berapa banyak kuota yang digunakan dalam sehari, seminggu, atau bulanan.

 
4. Temukan Wi-Fi
Fitur ini membantu pengguna menemukan jaringan Wi-Fi di sekitar yang telah dinilai oleh komunitas Datally, jika ingin menggunakan lebih banyak kuota dari paket yang dimiliki.
 
Datally telah tersedia di Google Play Store dan berfungsi di semua ponsel Android mulai OS versi 5.0 (Lollipop). Yang lebih menyenangkan, Datally hanya mengambil sekitar 6MB sehingga mudah disimpan di ponsel Anda.(f)


Baca juga:
10 Tempat Terseram di Dunia Rekomendasi Local Guides dari Google Maps
Makin Mudah Menemukan Tempat yang Dituju dengan Fitur Terbaru Google Maps, Save dan Sharing


Meiranie Nurtaeni


Topic

#datally, #google, #hematdata

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.