Food Story
Jangan Salah, Ini Beda Pati dan Tepung

17 Jan 2019


Foto: Pixabay
 
Orang yang baru saja terjun ke dunia masak-memasak atau kuliner biasanya menganggap pati dan tepung sama saja. Sebab, umumnya orang Indonesia juga menyebut pati dengan kata ‘tepung’. Padahal, jika dilihat dari cara pembuatannya, pati dan tepung sangat berbeda.

Tepung didapat dari proses menghaluskan atau menggiling langsung bahan yang akan dibuat tepung. Jadi, proses yang ada hanyalah menghaluskan hingga bahan menjadi partikel kecil. Tepung gandum (terigu) dan tepung beras adalah contoh yang umumnya ditemukan di pasar.

Bada dengan proses pembuatan tepung, pati dibuat melalui beberapa proses. Bahan yang akan dibuat pati dihaluskan terlebih dahulu lalu diperas saripatinya. Prosesnya serupa dengan pembuatan santan dari kelapa parut.

Setelah diperas, air perasannya diendapkan hingga terpisah antara air dan patinya. Endapan pati ini kemudian dikeringkan. Setelah dikeringkan, pati akan berbentuk seperti tepung. Oleh karena itu masyarakat Indonesia sering menyebut pati dengan kata tepung. Tepung sagu, tepung tapioka, tepung maizena, adalah beberapa contoh pati yang ada di pasaran Indonesia.

Dalam resep berbahasa Inggris, tepung ditulis dengan kata flour, sedangkan pati disebut starch.(f)

Baca juga:

10 Nasi Goreng Yang Bikin Penasaran
Apa Bedanya Mangga Harum Manis, Golek, Indramayu, dan Manalagi?
Ayo Makan Soto!

Isyana Atiningmas


Topic

#tepung, #pati

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.