Food Story
Ini Rahasia Kelezatan Rujak Natsepa Yang Tersohor di Ambon

14 Aug 2018

Hendak berlibur ke Ambon? Di balik kota yang dijuluki sebagai City of Music, Ambon menyimpan segudang destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan. Sebagai lumbung ikan, sewajarnya sajian ikan menjadi andalan kota ini. Namun, Rujak Natsepa juga wajib Anda coba saat menyambangi kota ini.
 
Dinamakan Rujak Natsepa karena penjual rujak buah ini ada di pinggir pantai Natsepa, yang menjadi salah satu destinasi rekreasi warga lokal. Tampilan rujak ini layaknya rujak buah biasa. Tapi, begitu menyantapnya, Anda pasti langsung tahu kalau ini bukan rujak biasa.

Dari sederet penjual yang ada, femina menyambangi kios milik Mama Lily Maatita. Dengan keramahannya wanita yang sudah puluhan tahun berjualan rujak ini membeberkan rahasia bumbu rujaknya.

“Saya memakai gula Makassar,” ujarnya. Setelah mencoba secungkil gula merah itu, rasa manisnya memang berbeda dengan gula merah yang biasa ditemui di Jawa. Mama Lily sempat diprotes pelanggannya saat ia mencoba membuat Rujak Natsepa di Jakarta menggunakan gula Jawa.
 
Selain gula dari Makassar, daging buah pala segar yang digunakan sebagai campuran menciptakan aroma dan cita rasa khas yang segar. “Biasanya, saya juga pakai buah tomi-tomi biar lebih segar,” tambah Lily. Ia juga menjelaskan bahwa dulu ia juga menggunakan pisang batu sebagai campuran bumbu. Namun, sejak pisang ini sulit ditemukan di Ambon, ia harus merelakan ketidakhadirannya.

Tekstur bumbu rujak lantas diperkaya dengan kacang tanah yang diulek kasar. Tanpa buah pun, bumbu rujak ini nagih untuk dicemil. Sepiring Rujak Natsepa bisa dibeli dengan harga Rp15.000. Karena pembuatannya tidak menggunakan air, bumbu rujak ini tahan lama dan bisa dijadikan buah tangan sederhana yang spesial. (f)

Baca juga:
Cantiknya Mandalika, Kawasan Wisata di Lombok Tengah
Begini Rasanya Berenang dengan Hiu Paus di Perairan Gorontalo
 

Isyana Atiningmas


Topic

#rujak, #ambon, #maluku