Event
Cerita Empat Wanita Di Perayaan Hari Perempuan Internasional

15 Apr 2019

Hari Perempuan Internasional 2019, Maret lalu, dirayakan The Westin Resort Nusa Dua Bali dengan sebuah acara talk show yang intim dan menggugah sebagai penghargaan bagi peran wanita dalam masyarakat. Ada 4 wanita berbicara dalam 4 topik berbeda. Happy Salma, seniman dan owner dari brand perhiasan Tulola, berbicara tentang peran wanita dalam keluarga multikultural modern. Melanie Putria, model dan pelari berbagi tentang jatuh bangun dirinya dalam membentuk gaya hidup sehat melalui olahraga. Riana Bismarak, pengusaha fashion dan CEO Ree Indonesia, bercerita tentang lompatan kariernya dari eksekutif perhotelan menjadi wirausaha. Dan, Petty S. Fatimah, Editor In Chief femina & Editorial Director Prana Group, tentang tantangan karier dan kepemimpinan di era serba cepat saat ini. 

Dipandu moderator Tressabel Hutasoit, Co-Founder dan Creative Director of WordPix Asia, Talk, Trend & Tea dalam tema Celebrating Women itu berlangsung hangat dan sangat intim karena 80 tamu yang hadir begitu antusias bertanya dan berbagi pengalaman. 

Melanie Putria misalnya, secara blak-blakan menceritakan perjalanannya menuju hidup sehat yang begitu penuh liku. Memulai berolahraga karena alasan pribadi (kegemukan) lalu overtrained sehingga ia menjadi sangat kurus dan kesehatannya terganggu. Ia bahkan pernah berhenti menstruasi. Keadaan yang menjadikan titik balik untuk hidup sehat secara benar dan tidak membabi buta menjalankan diet seperti sebelumnya. “Bagi saya sekarang, hobi lari dan gaya hidup sehat yang saya jalani menjadikan saya berpikiran sehat dan positif dalam situasi apa pun,” ungkap pelari maraton itu.

Sebuah kejadian lucu terjadi di panggung saat Happy Salma akan memulai sharing-nya tentang bagaimana ia juggling act, menyeimbangkan waktu untuk urusan domestik dan kegiatan publiknya yang menyita waktu. Tiba-tiba saja si kecil Kinandari (3) yang duduk bersamanya bisik-bisik ingin ke toilet bersama bundanya. “Naaah… ini contoh yang sangat real bagaimana kehidupan saya sehari-hari. Ada anak yang nempel ikut ke panggung karena sedang kangen ibunya yang ke luar kota terus,” cetus Happy, yang mengundang tawa hadirin.

Kinan akhirnya bisa dibujuk untuk ke toilet bersama Tante Mel dan Happy bisa tenang melanjutkan paparannya. “Yang penting, sih, menurut saya pasangan kita harus se-visi dengan kita dalam membangun keluarga. Dan itu butuh proses,” imbuh wanita Sunda yang tampak begitu melebur dengan keluarga Bali-nya saat ini.

Petty Fatimah mendapatkan berondongan pertanyaan bagaimana menjadi diri sendiri yang asertif dalam lingkungan kerja yang kompetitif. Audience mengisi survei sebelumnya tentang mana yang lebih sulit, bekerja di lingkungan mayoritas pria atau membicarakan gaji dengan atasan? Ternyata, mayoritas pilihan adalah nomor 2. “Memang, soal asertif ini masih menjadi PR untuk kita, wanita. Banyak lingkungan kerja yang mempersepsi assertiveness dari wanita sebagai bentuk agresivitas,” jelasnya, sambil menambahkan bahwa wanita perlu lebih luwes dan memainkan naluri kewanitaannya sebagai strong point dalam berkomunikasi secara profesional.

Berbicara tentang dunia kerja, Riana Bismarak, alumnus lomba #wanwir femina, punya cerita menarik. Ia ternyata pernah berkarier di dunia perhotelan dan pariwisata lebih dari 10 tahun dengan posisi tinggi. Namun, passion membawanya pada dunia wirausaha yang ternyata tidak semudah yang dibayangkannya. “Butuh endurance, tapi saya juga puas karena pekerjaan saya impact-nya terlihat,” jelasnya.

“Saya berharap acara ini bisa menjadi acara tahunan kami,” harap Dewi Anggraini, Director Marketing Communications Westin Bali, yang lalu mengajak para tamu menikmati tea time yang disajikan istimewa oleh pastry chef Mimin Mintarsih. (f)


Baca Juga: 
Sri Mulyani Ingatkan Akan Kekuatan Wanita
Dorong Inovasi Lewat Budaya Kesetaraan
Sertifikasi Gender Equality Untuk Perusahaan



Petty S. Fatimah


Topic

#internationalWomenDay

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.