Career
Lakukan 5 Langkah Ini untuk Memperbaiki Karier!

22 Oct 2018


Dok: Pexels

 

Pertanyaan yang selalu muncul dalam benak semua orang ketika ingin melakukan perubahan adalah “harus mulai dari mana?” Ini hal yang wajar, jadi Anda tak perlu bingung. Cara mudah untuk meningkatkan kualitas diri sendiri adalah dengan melakukan serangkaian perubahan kecil di berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam hal karier.

Banyak yang bilang bahwa mendapatkan pekerjaan itu ibarat menemukan jodoh karena Anda pasti akan menemukan ups and downs saat menjalankannya. Namun yang terpenting adalah menemukan pekerjaan yang Anda cintai.

Memiliki keinginan untuk melakukan perubahan dalam karier untuk menjadi lebih baik, igatlah bahwa semua itu tidak berada di tangan atasan atau rekan kerja Anda. Bukan rmereka yang bertanggung jawab terhadap karier Anda, diri Anda sendiri.

Menjelang akhir tahun, Anda ingin melakukan perbaikan dalam karier, berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan.

1. Mulai membuat daftar prioritas
Jangan berpikir membuat daftar what to do itu useless. Kenyataannya, daftar ini bisa membantu Anda bekerja lebih produktif. Daftar ini juga membantu Anda untuk menentukan prioritas agar Anda tidak stuck bekerja tanpa hasil.

2. Makeover ruang kerja
Biar lebih semangat bekerja, mulailah dengan menata apa yang ada di depan mata, yaitu meja kerja. Sisihkan waktu 15 menit setiap minggunya untuk membersihkan meja kerja agar Anda tidak bosan.

3. Tentukan sasaran karier
Fase ini sangat tricky karena seseorang bisa dengan yakin menyebutkan career goal mereka namun berakhir buntu. Tidak perlu membuat target jangka panjang, think about your day-to-day work. Mengetahui keinginan Anda (secara spesifik) dalam berkarier akan mendekatkan Anda dalam pencapaian—than doing nothing.

4. Networking
Perluas jaringan sosial Anda. Bukan hanya lewat LinkedIn, namun juga mendatangi event atau lokasi di mana Anda bisa menemukan orang-orang baru yang bisa memberikan informasi dan pengetahuan bermanfaat. Bergabung dalam komunitas wanita bekerja atau komunitas satu profesi, serta mengikuti berbagai seminar dan forum bisa menjadi langkah awal Anda untuk membuka jaring sosial.

5. Stretch yourself
What excites you and energizes you? What’s your passion? Jangan berhenti meyakinkan diri Anda dengan terus ‘berkaca’ pada pertanyaan (yang dibilang klise) ini. Banyak kesuksesan lahir di luar comfort zone. So, do something that scares you. (f)


Artikel ini disadur dari majalah Cleo Indonesia. 

Baca Juga: 

4 Pelajaran Penting Yang Harus Diketahui Manajer
Belajar Kepemimpinan Lewat Mentoring
Amplifying, Cara Wanita Saling Dukung Dalam Karier


 

 


Faunda Liswijayanti


Topic

#tipkarier, #wanitakarier

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.