Career
3 Tip Membangun Tim yang Solid Lewat Komunikasi Positif

18 Aug 2016


Foto: Fotosearch

Kantor Anda memiliki banyak masalah di dalam komunikasi internalnya? Klasik. Semua dimulai dari sosok si pemimpin. Bagaimana seorang pemimpin bisa berharap komunikasi internal bisa berjalan mulus jika dirinya sendiri tidak bersikap transparan pada karyawan?
 
Pemimpin yang ingin menciptakan suasana kerja yang kondusif bisa mengawalinya dengan membangun lingkungan kerja yang aman dan nyaman secara psikologis. Salah satunya, dengan menekankan komunikasi yang tulus dan positif. Lewat cara ini, pemimpin juga bisa menampilkan sosok teladan yang jujur, perhatian dan peduli pada karyawannya.  
 
Saat bertemu karyawan, ceritakan secara jujur pengalaman dan kecemasan Anda pada krisis yang sedang terjadi atau masalah yang sedang menimpa perusahaan. “Ketulusan akan menggugah energi positif pada tim Anda mengutarakan masalah mereka dan mencari solusi bersama,” saran Amy Edmondson, peneliti dari Universitas Harvard.
 
Tampilkan diri Anda apa adanya. Sikap yang dibuat-buat sangat mudah dideteksi. Jika karyawan merasa Anda berpura-pura, efek yang muncul malah sebaliknya. Bersiaplah menerima sinisme dan sikap defensif dari karyawan.

Baca juga:
4 Kiat Menyampaikan Kabar Buruk pada Karyawan

Praktikkan 3 hal ini untuk membangun budaya komunikasi positif di lingkungan kerja Anda.
1/ Berikan lebih banyak saran membangun ketimbang ocehan bernada menyerang. Anda bisa tetap mengoreksi hasil kerja tim, memberi kritik, atau mempertanyakan banyak hal dengan menempatkan pada konteks yang tepat dan positif.
Baca juga: Penting untuk Para Manajer, Ciptakan Budaya Tidak Menyalahkan.
 

2/ Ingatkan tim Anda kekuatan mereka. Apa saja kontribusi positif dan prestasi yang sudah mereka berikan? Jika Anda fokus pada kelemahan mereka, maka Anda  hanya melatih kompetensi. Tapi, saran yang fokus pada kekuatan diri individu akan mengasah anggota tim Anda jadi pribadi yang cemerlang.
 
3/ Tekankan pentingnya kolaborasi. Bersikaplah objektif saat membahas situasi yang buruk. Alih-alih menyalahkan, beri saran dan alternatif solusi yang mungkin dilakukan. (f)

Rahma Wulandari


Topic

#TipKarier

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.