BizNews
Mendongkrak Citra Lewat Artis Korea

21 Nov 2018

Foto: Dok. Shopee

Dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-3, platform e-commerce Shopee menyelenggarakan acara istimewa. Pada Senin 19 November 2018, digelar acara yang diberi judul Shopee 12.12 Birthday  Sale di Sentul International Convention Center. Salah satu agenda istimewa dalam  acara yang juga disiarkan secara langsung di empat televisi swasta itu adalah tampilnya girl group asal Korea Selatan, BLACKPINK.

Dalam waktu sekitar 20 menit, girl group beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa menghibur penonton, yang kebanyakan memang fans mereka alias Blink. Membawakan tiga lagu; As If It's Your Last, Forever Young, dan Ddu-Du Ddu-Du, sedikit  menyapa penonton, dan mengingatkan Blink Indonesia kalau mereka akan tampil lebih banyak saat konser di Jakarta Januari tahun depan. 

Kehadiran mereka bukan tanpa alasan. Mereka resmi diumumkan sebagai brand ambassador regional. Artinya, BLACKPINK akan menghiasi iklan platform e-commerce yang pertama diperkenalkan di Singapura pada 2015 itu, tak hanya di Indonesia, tapi juga Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina.


Menurut Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, untuk mendatangkan keempat wanita yang bernaung di bawah YG Entertainment ini, diperlukan waktu tiga bulan. Sementara untuk membuat iklan bersama mereka, tim Shopee terbang ke Seoul. Untuk Indonesia, Lisa khusus berbicara dalam bahasa Indonesia untuk mengajak masyarakat belanja menggunakan platform ini. 
 
 
"BLACKPINK dari YG Entertainment kami pilih karena saat ini mereka sedang populer. Sementara Lisa, kami pilih untuk Indonesia karena dari pengamatan kami, Jennie dan Lisa adalah anggota BLACKPINK yang paling banyak memiliki penggemar di Indonesia. Selain itu, juga sejalan dengan kedatangan Lisa saat meluncurkan produk kecantikan di Shopee yang Agustus lalu," ujar Rezki.

Strategi bisnis yang dilakukan Shopee ini sepertinya berhasil menanamkan Shopee sebagai brand di benak masyarakat. Paling tidak mereka berhasil menjual ribuan produk YG Entertainmet dalam sekejap. Karena untuk bisa melihat langsung Lisa Agustus lalu, dan BLACKPINK di SICC kemarin, penggemar harus membeli produk dengan harga tertentu. 

Di tengah maraknya e-commerce, setiap brand memang harus pandai-pandai melakukan strategi marketing. Pemilihan artis Korea Selatan sebagai muse, bintang iklan, atau brand ambassador jadi salah satu strategi yang dianggap efektif. Meningkatkan gelombang budaya Korea di dunia jadi alasannya.
 
BLACKPINK dipilih bukan karena mereka ingin memasuki pasar Korea, karena di negeri ginseng itu, e-commerce ini tidak beroperasi. Mereka dipilih karena di Asia Tenggara mereka punya banyak penggemar. Mereka tidak sendiri. Bahkan desainer mode di Paris dan Milan pun menjadikan artis Korea sebagai muse (G-dragon untuk Chanel, misalnya) atau maraknya promosi film Hollywood di Korea. Tak hanya menarik perhatian publik Korea, mereka juga akan mendapat perhatian dari penggemar KPOP yang berada di berbagai negara, dari Asia  juga sampai Amerika Selatan.
 
Beberapa waktu lalu toko pembelanjaan online Ktown4u, toko daring penjual album K-POP juga melakukan branding dengan mengundang boy group iKON.  Dengan membeli mini album iKON, New Kids: Continue publik berkesempatan hadir dalam fansign iKON. Nama toko mereka pun segera mendapat perhatian masyarakat luas. Efektif 'kan?

Meski brand kita segera melekat di benak masyarakat, bukan berarti melakukan branding menggunakan figur terkenal tanpa risiko. Pertama, baik buruk reputasi sang public figure akan ikut memengaruhi reputasi brand. Kedua, karena memiliki banyak penggemar, yang mungkin fanatik, kesalahan perlakuan brand terhadap sang idola, bisa memicu kemarahan penggemar bahkan diboikot. 

Tapi penting diingat, sehebat apapun brand ambassador yang digunakan, untuk membuat pelanggan Anda percaya dan setia, tetaplah kualitas produk dan pelayanan yang baik. Setuju? (f)

Baca Juga:

Antusias Belanja Demi Bertemu Blackpink
Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Lesatkan Bisnis


Topic

#blackpink, #branding, #ecommerce, #shopee, #ygentertainment

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?