Beauty Trend
Vegan Beauty, Tren Produk Kecantikan Terbaru

12 Jun 2018


Foto : 123RF
 
Ajakan dan kampanye cruelty-free dan kepedulian lingkungan yang merebak mendorong banyak konsumen jadi lebih selektif dalam memilih produk kecantikan. Vegan beauty hadir sebagai “versi 2.0” dari cruelty-free makeup, dalam pengertian menggunakan seluruh bahan baku dari tumbuhan, dan dalam pembuatan yang tidak menyakiti binatang.
 
Kelinci yang banyak dipakai sebagai percobaan, mengilhami tercetusnya istilah “beauty without bunnies”, yang merupakan logo Cruilty-free dan Vegan bersertifikasi PETA (People for the Ethical Treatment of Animals). “Produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan seratus persen berasal dari tumbuhan lebih mudah diserap kulit?memiliki hasil akhir yang lembut bagi kulit dan tentu saja tidak menggunakan hewan sebagai percobaan dapat dikategorikan sebagai Vegan Beauty.“ jelas Juliana Yu, CIBTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CIDESCO Dipl. Int’l, M.Sc dari House of Skinovation, Jakarta.
 
Brand kosmetik vegan terkenal antara lain: Becca, Tarte, Too Faced, Kat Von D, Illamasqua, Anastasia Beverly Hills, e.l.f, Hourglass, dan Marc Jacobs Beauty.
 

Karena seluruhnya menggunakan zat yang berasal dari tumbuhan, vegan beauty mengganti seluruh bahan nonnabati yang biasanya digunakan dalam kosmetik. Beberapa contohnya yaitu:
 
Beeswax: Biasa ditemukan dalam produk lipstik dan maskara, dapat digantikan dengan madu organik.

• Collagen: Biasanya diambil dari plasenta hewan, digantikan dengan asam amino dari kacang kedelai yang juga dapat memproduksi protein penghasil kolagen dan elastin.

Lactic Acid: Apabila biasanya menggunakan susu hewani, pada kosmetik vegan, menggunakan susu yang terbuat dari kacangkacangan.

Lanolin: Digunakan sebagai moisturizing agent baik pada produk perawatan wajah maupun rambut, lanolin yang didapatkan dari wax pada bulu domba dapat digantikan dengan licorice atau zat polysorbates dari minyak kelapa.

Sea Salt: berbeda dengan garam dapur, sea salt mengandung 21 mineral baik sehingga berguna untuk mengecilkan pori-pori, bekerja sebagai antiseptik alami, dan menyeimbangkan produksi minyak wajah.

Stearic Acid: merupakan lemak nabati yang ditemukan pada tumbuhan, zat ini berfungsi sebagai pelembap yang dapat melindungi lapisan kulit teratas sekaligus menjaga kandungan air pada kulit.

Peptides: Merupakan zat anti-aging yang memiliki kualitas terbaik. Karena berbahan dasar tumbuhan, skincare vegan diklaim aman dan mudah diterima kulit sehingga
ideal bagi kulit yang sangat sensitif sekalipun. Walaupun menggunakan tumbuhan, namun produk kosmetik vegan mempunyai pigmen warna yang bagus.
 
* Waspada alergi! Bahan-bahan nabati yang memicu terjadinya reaksi alergi. Misalnya ekstrak tumbuhan yang mengandung unsur kacang-kacangan atau ragi yang tak semua orang dapat menoleransinya. Cek apa saja kandungan kosmetik yang ingin Anda beli. (f)

Baca Juga:

5 Tren Kecantikan Korea 2018
4 Teknik Terbaru Sulam Alis yang Bisa Anda Coba
Coba Terapi Vitamin Untuk Mempertahankan Sel dari Kerusakan


Arni Kusumadewi


Topic

#veganbeauty

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.