Tips
Kulit AntiKusam, Lakukan Ini Saat Puasa

10 May 2019

Foto: Shutterstock

Cuaca di luar ruangan yang terik dan ruangan super dingin ber-AC bisa membuat kulit makin rentan kehilangan kelembapan saat Anda berpuasa. Berikan perhatian lebih pada kulit agar tidak mengalami dehidrasi berkepanjangan, terlihat kusam dan lelah. 

1/ Jangan Berlebihan Mencuci Muka

Pada saat kita puasa, kulit memang akan cenderung kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), tapi mencuci muka berlebihan sangat tidak dianjurkan. Berwudu lima kali sehari cukup untuk ‘mendinginkan’ dan menyegarkan kulit. Lebih baik selalu siapkan facial spray  di dalam tas. Ingin lebih segar, dinginkan facial spray dalam lemari es.

2/ Wajib Pakai Sunblock 

Tabir surya (sunblock) memang dianjurkan dipakai  tiap hari. Di bulan Ramadan,  sunblock adalah kebutuhan utama untuk memproteksi kulit. Gunakan  sunblock dengan SPF 30 sesudah memakai pelembap. 

3/ Gunakan Pelembap Kuat

Gunakan jenis pelembap yang dapat menghidrasi kulit untuk mengganti kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembap yang berjenis gel. Jika perlu, aplikasikan pelembap dua kali sehari. 




4/ Menu Sehat

Pilih jenis bahan makanan yang banyak mengandung serat dan antioksidan pada menu buka puasa dan sahur Anda. Walaupun Anda tidak suka sayur, paksakan selalu ada sayur saat berbuka dan sahur. Beberapa jenis sayur  yang baik untuk kesehatan kulit adalah  wortel, brokoli, selada lettuce, dan bayam. Kacang-kacangan dan aneka berry sangat baik untuk menambah antioksidan.

Ramadan adalah saatnya menikmati kurma. Buah ini hebat sebagai sumber vitamin A dan mineral, seperti zat besi, potasium, magnesium, dan kalsium. 

5/ Konsumsi Suplemen

Jika diperlukan, konsumsi suplemen vitamin dan antioksidan untuk menambah kebugaran dan kesehatan tubuh. Suplemen untuk kulit sehat adalah yang mengandung vitamin  C, E,  A, selenium, dan zinc.

6/ Perawatan Mingguan

Tetap lakukan perawatan mingguan, seperti masker dan scrub wajah. (f)

Baca Juga:

Double Cleansing dengan Busa Super Lembut Bisa Membuat Wajah Sehat Alami seperti Wanita Jepang
Kulit Senantiasa Muda, Walau Usia Sudah 40
Cegah Tanda-tanda Penuaan Kulit Di Usia 30-an
 


Topic

#beautytip, #puasa

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.