Health & Diet
Jalan Kaki, Yuk!

16 Nov 2011

Tampaknya, olahraga jalan kaki itu bukanlah olahraga berat yang memerlukan banyak energi. Namun, ada 4 jenis jalan kaki, mulai dari yang ringan sampai yang memerlukan lebih banyak tenaga. Semuanya bisa Anda nikmati bersama dengan teman dan keluarga.

1. Jalan santai
Agar tetap bugar, jalan santai sejauh 2,5 km sehari saja dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan stamina dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Sesudah jalan santai beberapa menit, tubuh Anda akan merasa hangat, namun tidak berkeringat. Napas Anda pun tetap stabil, tidak terengah-engah seperti jika Anda berlari. Jika Anda jalan santai selama 30-60 menit saja selama seminggu, Anda akan merasa lebih bugar.

2. Jalan cepat
Jika Anda sudah merasa bugar, Anda bisa mencoba berjalan lebih cepat dengan lebih banyak energi. Manfaat yang Anda petik sama dengan jalan santai, namun, kali ini Anda dapat membakar lebih banyak kalori. Selain itu, otot tubuh bagian bawah juga mendapatkan latihan lebih keras. Jalan cepat akan membuat tubuh Anda basah berkeringat. Nafas Anda pun akan jadi lebih cepat. Sambil berjalan Anda masih bisa ngobrol, tapi tak bisa bernyanyi. Jika berjalan sambil mengayunkan lengan, berarti Anda juga memaksimalkan kerja otot tubuh bagian atas.

3. Jalan di bukit
Jika sudah terbiasa dengan jalan cepat dan ingin berlatih lebih keras, Anda dapat jalan-jalan di bukit. Mendaki dan menuruni bukit dapat meningkatkan kerja jantung sehingga dapat membakar kalori lebih banyak lagi. Jalan kaki di perbukitan menekankan kerja pada otot kaki sehingga otot akan lebih kuat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, bahu Anda harus lurus dan badan tegak. Saat melangkahkan kaki, kencangkan otot pantat Anda semaksimal mungkin. Waktu berjalan turun, berdirilah tegak. Biarkan lutut dan kaki Anda bergerak lebih bebas mengikuti ayunan kaki.

4. Hiking
Kecepatan berjalan saat hiking bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Kalau berencana mengadakan hiking bersama teman selama dua atau tiga hari, pastikan bahwa secara fisik Anda benar-benar merasa kuat dan tidak sedang mengalami cidera apa pun. Karena, jalannya tidak rata dan berbatu-batu sehingga dapat membuat Anda lebih mudah lelah. Persendian kaki, khususnya lutut dan pergelangan kaki, mendapatkan beban yang sangat berat.

Veronica Wahyuningkintarsih


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?