Money
Antara Tabungan dan Asuransi Pendidikan

23 Mar 2015


Sedang menyiapkan dana pendidikan untuk masa depan si kecil? Antara tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan, mana yang lebih baik, ya?

Menurut Perencana Keuangan Independen, Ligwina Hananto, sesungguhnya tidak ada produk yang spesifik untuk 'pendidikan'. Ini hanya label saja sehingga memudahkan untuk penjualan dan penggunaan produk. Mari kita bedah satu per satu.

Tabungan adalah produk perbankan. Khusus tabungan pendidikan, biasanya diberi jangka waktu agar kita punya kebiasaan menabung. Jadi, produk tabungan mana pun yang ada jangka waktunya bisa kita gunakan untuk keperluan pendidikan. Tabungan ini memiliki imbal hasil sangat rendah sehingga hanya cocok digunakan untuk jangka waktu pendek, 1-3 tahun. Untuk jangka waktu lebih panjang akan sulit melawan inflasi biaya pendidikan.

Asuransi adalah produk yang sangat membantu untuk transfer risiko. Jika terjadi suatu kemalangan, yang berakibat secara finansial, pihak perusahaan asuransi dapat memberikan sejumlah manfaat. Pendidikan tentu bukan kemalangan, jadi tidak ada yang namanya pendidikan diasuransikan.

Produk asuransi pendidikan yang kita kenal biasanya berupa produk asuransi jiwa dengan pengembalian premi bertahap atau produk asuransi jiwa dengan unit penyertaan investasi. "Saya termasuk yang lebih suka memisahkan produk perlindungan dengan produk investasi," papar Ligwina. (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?