Trending Topic
Warna Ungu, Temuan Sir William Henry Perkin, Jadi Tren Warna 2018

13 Mar 2018


Foto: Pexels

Dari tahun ke tahun, tren warna selalu berubah. Jika tahun lalu warna hijau sempat eksis mewarnai panggung fashion, kecantikan, hingga arsitektur dan interior, maka tahun ini warna tersebut akan berubah.
 
Awal tahun ini, perusahaan pemandu warna, Pantone, mengumumkan Color of the Year 2018 yakni Ultra Violet (ungu tua). Warna ungu tua diibaratkan menggambarkan sebuah kepandaian, orisinalitas, dan pemikiran visioner. Pemilihan warna ini terkait dengan mood tahun 2018, yang dinilai para ahli sebagai tahun yang penuh kompleksitas.

Warna ultra violet juga dianggap warna yang kuat. Warna ini menggabungkan ungu gelap dengan merah yang melambangkan gairah, sehingga dilambangkan sebagai warna yang optimis sekaligus memberdayakan.  
 
Selain itu, warna ungu tua juga identik dengan gaya mistik. Orang yang melihat warna ini juga bisa menemukan kedamaian dan ketenangan dalam diri.

Baca juga:
Tren Warna Rumah 2018: Biru dan Ungu, Warna Futuristik yang Dramatis
Tren Warna Rumah 2018: Warna Alam yang Segar untuk Ciptakan Suasana Cerah

 Tren Kuliner: 4 Kreasi Unik Ubi Ungu, Dari Cake Hingga Es Krim

Di balik warna ungu tua yang menjadi tren warna 2018 ini, ternyata ada sosok Sir William Henry Perkin, yang menemukan warna ini pada tahun 1856. Tepat pada 12 Maret 2018, ia berulang tahun ke 180. Kenangan akan dirinya pun diabadikan lewat Google Doodle.
 


 

Ahli kimia asal Inggris ini secara tak sengaja menemukan warna ungu ketika sedang bersih-bersih laboratorium usai melakukan eksperimen untuk membuat obat malaria.
 
Residu larutan kimia yang ia gunakan ketika bercampur dengan alkohol ternyata meninggalkan noda warna ungu terang. Ia lalu menguji warna tersebut  yang ternyata bisa digunakan sebagai pewarna pakaian yang stabil dan tahan lama.
 
Sir William Henry Perkin lalu mematenkan temuannya tersebut dan mengeluarkan produk pewarna pakaian berwarna ungu dengan nama mauveine. Sehingga warna ungu di masa itu menjadi tren fashion. Bahkan warna ungu ini menjadi favorit para aristokrat hingga mendapat predikat sebagai warna ‘mahal’. Setelah mauveine, kemudian bermunculan produk pewarna pakaian sintesis lainnya seperti yang ada saat ini.
 
Kini, penggunaan warna ungu pun tak terbatas pada fashion, tapi juga makeup hingga interior. Turunan warnanya pun beragam, dari yang ungu muda hingga ungu yang sangat pekat. Warna ungu muda yang dikenal dengan lavender, juga diprediksi akan marak di sepanjang tahun 2018 ini. (f)

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di www.wanitawirausaha.com.
 

Faunda Liswijayanti


Topic

#trenwarna

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.