Reviews
Film Live By Night: Menyelami Dunia Mafia Bersama Ben Affleck

11 Jan 2017


Foto: Warner Bros Pictures
 
Dalam film arahan sutradara, penulis, serta produser Ben Affleck, Live by Night mengisahkan Joe Coughlin (diperankan oleh Ben), anak seorang polisi Boston yang hidup di era kejayaan mafia tahun 1920-an. Ia menjalin hubungan secara sembunyi-sembunyi dengan wanita simpanan bos mafia Irlandia, Emma Gould (Siena Miller). Begitu Emma berkhianat dengan mengekspos hubungan mereka kepada Andrew Smith, pemimpin mafia itu, ia malah dibunuh.

Joe menyimpan dendam pada Andrew dan memutuskan untuk bergabung dengan geng mafia Italia. Pemimpin geng itu, Maso Pescatore (Remo Ginore) juga ingin menjatuhkan Andrew. Ia menugaskan Joe untuk mengelola produksi rum di Tampa, Florida. Produksi, distribusi, dan konsumsi alkohol di Amerika dilarang keras pada masa itu. Namun, para mafia justru semakin gencar melanggar pemerintah dan menciptakan pasar untuk alkohol dan klub-klub bawah tanah.

Joe dengan mudah menguasai figur-figur pemerintahan, menyogok kepolisian dan mengusir antek-antek Andrew di Tampa. Usaha Joe langsung laris manis hingga ia terkenal sebagai bootlegger atau penyeludup rum sukses. Joe pun bekerja sama dengan geng Coralez dari Kuba yang biasanya menjadi pesaing karena jatuh cinta dengan saudarinya, Graciella Coralez (Zoe Saldana).

Karena terbiasa menggunakan cara-cara keji untuk mengukuhkan kekuatan mafia di kota kecil itu, Joe mengadopsi gaya hidup gangster yang dulu ia benci. Ia belajar untuk menarik pelatuk tanpa berpikir dua kali hingga memeras kepala polisi. Graciella yang melihat kebaikan dalam diri Joe harus mengingatkan  kekasihnya itu sebelum ia melupakan hati nuraninya.

Hati nurani itulah yang dipertanyakan ketika Joe berhadapan dengan Loretta Figgis (Elle Fanning). Mantan pecandu narkotika dan tokoh Katolik itu menentang pembuatan klub perjudian Joe hingga usahanya kacau balau. Mungkinkah Joe menyakiti Loretta sebelum ia ditindas oleh bosnya?

Film drama kriminal ini diangkat dari novel Dennis Lehane yang diproduksi oleh Warner Bros Pictures. Dengan tema gangster dan era tahun 1920-an, jangan heran apabila banyak adegan berdarah dan tembak-menembak. Fashion era roaring twenties yang khas pun layak untuk disaksikan. Live by Night tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 11 Januari 2017. (f)
 
 Baca juga:
Arrival, Film tentang Alien dengan Akhir Cerita Tidak Terduga
Film Passengers, Ketika Chris Pratt dan Jennifer Lawrence Terdampar di Kapal Luar Angkasa
Mengejar Mimpi di Kota Paris ala Film Ballerina
The Great Wall: Aksi Matt Damon dan Tentara Tiongkok Melawan Monster Gaib
 

Inez Priscilla Aisha


Topic

#ResensiFilm

 

MORE ARTICLE