Gadget
Ingin Menjadi Konten Kreator? Coba Kesempatan Menarik dari We Media UC Web

21 Mar 2017


Foto: Pixabay
 
Banjirnya informasi termasuk ramainya hoax saat ini ternyata memiliki dua sisi. Pembaca memiliki banyak pilihan konten untuk dikonsumsi. Meski demikian, ternyata konten-konten yang menarik dan berkualitas tetap dicari.

“Selain berita, konten online seperti analisis, informasi umum, opini, pengetahuan umum makin banyak dicari pembaca. Yang menarik, informasi yang dicari pembaca sangat spesifik. Konten yang sesuai dengan karakter penulis, seperti opini, kisah di balik layar dari sebuah peristiwa (bukan hard news) lebih disukai,” papar Federal Marcos, Senior Business Development Manager UCWeb di Jakarta, Senin (20/3).

Rencananya, UC Web, perusahaan yang merupakan bagian dari Alibaba Group, akan mengucurkan dana investasi sebesar Rp400miliar untuk dua tahun ke depan di Indonesia dan India. Dana itu akan difokuskan untuk meraih potensi besar  dari  konten  yang diciptakan oleh  pengguna, seperti penulis blog dan key opinion leader dengan target menghasilkan 10ribu artikel pada UCNews setiap hari.

Lewat We-Media Reward Plan 2.0, seribu penulis dari Indonesia dan India akan diberi insentif berupa pendapatan minimum sebesar Rp10juta per bulan dari artikel yang mereka tulis di UC News. Dalam program ini, para konten kreator akan mendapat panduan untuk menulis, termasuk daftar trending topic, tema-tema yang sedang ramai diperbincangkan netizen.

Data analisis laman juga dapat diakses oleh pengguna dan selalu diperbarui setiap 10 menit. Konten juga akan didistribusikan sesuai karakter dan minat pengguna untuk menarik traffic lebih tinggi. Pengguna juga dapat mengelola penghasilan setiap bulannya dari laporan minggunan dari pendapatan dan bonus.
 
Skema insentif ini cukup menarik bagi penulis lepas. Selama ini, umumnya pendapatan penulis blog berasal dari bagi hasil iklan. “Sayangnya, banyak konten bagus tidak berbanding lurus dengan jumlah page hits, sehingga penghasilan penulis tidak sepadan,” tambah Federal.
 
Data Februari 2017 menunjukkan ada 20 juta pengguna aktif bulanan dengan  lebih 45juta kunjungan ke laman UCNews setiap hari. Setiap pengunjung rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 20 menit. Konsumsi konten video pendek dengan durasi kurang dari dua menit juga meningkat sebesar 25% pada kuartal terakhir.

Meski demikian, aturan main yang ditetapkan oleh UC News cukup ketat agar dapat menampilkan konten yang bernilai, menarik dan kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Artikel yang dipublikasikan hanya dibuat untuk UC News, bukan hasil plagiasi dan tidak melanggar aturan konten lokal. Setiap penulis juga diharapkan bisa memproduksi setidaknya 20 artikel selama satu bulan. Satu artikel setidaknya dibaca oleh lebih dari 2ribu pembaca.

“Kami berharap bisa mewujudkan passion Anda untuk menulis menjadi sumber penghasilan,” ujar Bruce Zuo, Head of UCNews, We Media.

Untuk mencapai target itu, UC News telah menggandeng sejumlah key opinion leader yang akan menjadi konten kreator dengan tema-tema spesifik seperti inspirasi, teknologi, dan olahraga. Di antaranya ada Mario Teguh, pepekomics, tahilalats, Bambang Pamungkas, Onno W. Purbo, Budi Putra, Iwan Banaran, dan Valentino Simanjuntak. (f)
 
Baca juga:
Hey Vlogger, Ingin Bikin Video Keren? Ini 3 Kunci Utamanya
Bikin Video Komik Strip Yuk, dengan Aplikasi Foto B612
Clairine Clay, Miss Meme Indonesia Meraup Penghasilan Hingga Rp30juta Per Bulan


Topic

#gadget, #blogger

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?