Food Review
VONG Kitchen, Tempat Chef Ternama Jean-Georges dan Cédric Mengarungi Jakarta

21 Sep 2018

Foto: Dok. Vong Kitchen

LOKASI:

Alamat: Alila SCBD, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.
Telp: (021) 5080 8787
Jam buka: 11.30-01.00 WIB (Senin-Kamis), 11.30-02.00 WIB (Jumat), 18.00-02.00 WIB (Sabtu), 18.00-01.00 WIB (Minggu).
Harga: Rp120.000++ - Rp1.800.000++.
Suasana: Glamor namun tidak kaku, dengan hadirnya suasana open kitchen.
 
REKOMENDASI
Datang untuk pertama kali? Berikut ini beberapa menu pilihan femina.
- Creamy Burrata
- Hamachi Sashimi
- Margherita Pizza
- Slow-Cooked Tasmanian Trout
- Chocolate Pudding
 
 
Spektrum aroma dan tekstur, hasil dari pemilihan dan pengolahan bahan yang baik dan penuh kesabaran adalah karakter classic French cuisine yang dibawa oleh Jean-Georges Vongrichten ke Amerika pada tahun 1980-an. Mengusung gaya ini ke negeri sibuk menjadikan chef didikan Paul Bocuse tersebut dihujani penghargaan. Ia kini menyupervisi lebih dari 40 restoran elite lintas benua.
 
Gaya memasak Prancis yang bertemu dapur multikultur Amerika diteruskan oleh sang anak, Cédric Vongrichten. Oleh Zagat Survey, pria kelahiran Bangkok ini pernah diberi pengakuan sebagai koki yang diperhitungkan, di bawah usia 30 tahun. Desas-desus akan hadirnya bisnis keluarga ini di Jakarta terdengar sejak dibangunnya Alila SCBD, Jakarta, tempat VONG Kitchen digodok selama dua tahun dan akhirnya beroperasi April 2018.
 
Banyak yang mengira VONG Kitchen merupakan restoran dengan harga selangit seperti Jean-Georges Restaurant di Trump International Hotel and Tower, New York, yang pernah meraih tiga bintang Michelin. Nyatanya, VONG Kitchen di Jakarta adalah sebuah New York grill-style restaurant and bar dengan presentasi makanan yang lebih kasual. Tepat untuk warga urban yang dinamis.
 
‘Rasa’ downtown Manhattan hadir melalui gaya interior berdesain mid century modern yang glamor. Hadir leather seats, warna-warna chrome, hingga elemen polished wood. Karya biro arsitek Rockwell Group yang dihangatkan dengan alunan musik jazz di latar belakang.
 

Foto: Dok. Vong Kitchen
 
Jean-Georges dikenal sangat menghargai bahan Asia. Kala press conference, femina berkali-kali mendengar ditekankannya penggunaan bahan lokal. Untuk ini, tim Jakarta yang dikepalai chef Luisa Caicedo berbulan-bulan melakukan recipe adjustment.
 
Rice Cracker-Crusted Tuna, yang berkonsinyasi apik dengan sriracha-citrus emulsion, menyambut femina. Grilled Lamb Chops menyambung ini. Pujian untuk faktor juiciness-nya dilanjutkan dengan skor yang baik dari Roasted Duck. Dagingnya telah melalui proses dry aging mandiri di dapur mereka.
 
Jika waktu Anda sempit, pilih yang ringan seperti Truffle Pizza dan Roasted Wild Mushrooms. Apa pun, tutup dengan Molten Chocolate Cake yang resepnya disebut Cédric lahir dari ketidaksengajaan sang ayah. Lelehan cokelat pekatnya hadir tanpa diganggu manis yang berlebih. Creamy Burrata di sini juga istimewa. “Makanan memang merupakan suatu kebutuhan, tetapi juga harus menyenangkan,” ujar General Manager, Benjamin Keens.
 
Di area bar yang besar dan terpisah, cocktail karya head bartender Priash ‘bertugas’ untuk mengendurkan pikiran Anda sejenak. Sesap cocktail perlahan sembari melepas beban. Mungkin di saat inilah Anda bisa memaafkan rapat-rapat berkepanjangan serta deadline dan memandangnya sebagai warna dalam hidup.
 
TENTANG CHEF
Cédric Vongrichten kecil menghabiskan banyak waktu bermainnya di restoran sang ayah, Jean-Georges, di Lafayette. Alumnus Culinary Institute of America ini mengasah pengalaman di El Bulli, The Berkeley London, dan di Bahama. Konsep VONG Kitchen dikembangkannya bersama istri, Ochi Latjuba Vongrichten, yang dulu bersama-sama menempuh pendidikan di Culinary Institute of America.
 
Baca juga:
Wagyu Premium dari Jepang Yang Empuk
Membuka Cakrawala Rasa Negeri Pho di Yeu Saigon Cafe
Gelato Menyenangkan dari Kemang di Ziato Gelato

Trifitria Nuragustina


Topic

#rekomendasirestoran, #foodreview, #makandiluar

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.