Nutrisi 

Ini Kandungan Kalori Hidangan Pesta Anda


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Ini Kandungan Kalori Hidangan Pesta Anda Femina
Berkumpul bersama keluarga, Anda berkesempatan menikmati beragam menu yang menggugah selera. Namun, pesta bukan menjadi alasan menyantap makanan yang tidak sehat. Cek kandungan kalori hidangan pesta Anda berikut ini:

Ayam panggang
Kalori per porsi: 375 kkal (¼ ekor)

Meski lebih menyehatkan dibanding ayam goreng, Anda tetap perlu mewaspadai kandungan lemak jenuh pada ayam panggang. Terutama di bagian kulitnya. Dalam setiap gramnya, lemak jenuh mengandung lebih banyak kalori dan berkontribusi pada kadar kolesterol di dalam darah. Kulit ayam yang terpanggang cokelat keemasan dan renyah berlelehkan saus gurih memang merupakan bagian yang paling nikmat. Tapi, jika Anda tak mau menimbun kolesterol di dalam tubuh, lebih baik singkirkan saja.
 
Steak
Kalori per porsi: 560 kkal  

Daging sapi dan daging merah lainnya mengandung kolesterol dan lemak jenuh lebih banyak dibanding daging putih. Terlebih, steak umumnya disajikan dalam porsi cukup besar, sekitar 100 g. Untuk memangkas kalori, tak ada salahnya Anda berbagi sepotong steak dengan anggota keluarga yang lain. Tambahan kalori dan lemak juga bisa berasal dari saus yang digunakan. Minimalkan penggunaan saus, atau santap steak tanpa saus sama sekali.

Kaserol
Kalori per porsi : 348 kkal

Proses pemasakan dengan cara dikukus sebenarnya membuat kaserol cukup menyehatkan. Tapi, perlu dilihat juga isi dan bahan-bahan di dalam kaserol. Kaserol berisi sayuran tentu menyumbang kalori lebih sedikit dibanding yang berisi daging atau sea food. Jika kaserol bertabur keju, nilai kalori dan lemaknya tentu akan meningkat dan dapat menyumbang kenaikkan berat badan Anda.
 
Sup krim
Kalori per porsi: 375 kkal

Sup krim sering disajikan sebagai menu pembuka, karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna. Meski lezat, sup krim mengandung kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi karena bahan krim dan butter di dalamnya. Lemak jenuh pada makanan akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah dan risiko penyakit jantung koroner. Lebih baik, ganti dengan makanan pembuka lain, seperti salad.  

Egg nog
Kalori per porsi:340 kkal (per gelas)

Pada tradisi Barat, egg nog dikenal sebagai minuman perayaan musim dingin, seperti Natal dan tahun baru. Minuman manis ini terbuat dari kuning telur yang dikocok dan ditambah air, gula, atau susu. Kandungan gula dan susu pada egg nog menjadikannya sebagai salah satu minuman tinggi kalori yang harus Anda waspadai. Meski minuman ini dapat berfungsi sebagai penghangat tubuh di malam hari, jangan berlebihan


Aneka pasta
Kalori per porsi: 190 – 200 kkal

Pasta sebenarnya merupakan karbohidrat kompleks yang menyehatkan dan rendah kalori. Meski begitu, Anda harus mewaspadai saus dan topping-nya. Tambahan saus tomat dan daging cincang pada spageti dapat menaikkan jumlah kalori hingga 300 kkal. Sedangkan saus krim dan keju pada fettucini, akan melambungkan jumlah kalori hingga 1000 kkal! Salah satu tip menikmati kelezatan pasta tanpa menambah jumlah kalorinya adalah dengan mengonsumsinya bersama sesendok minyak zaitun. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Solo Traveller  Femina
TOPIK Hari Ini
Solo Traveller
Kenikmatan apa yang Anda alami saat pergi traveling seorang diri?
KOMENTAR
18 May 2015 - diyahkwee
Bagiku seru banget, panik, cemas, takut sekaligus senang dan exciting menunggu apa yang akan terjadi kalau melakukan perjalanan sendiri, dan biasanya ada-ada saja kejadian serunya. Seperti perjalanan terakhir, saya ketinggalan pesawat karena asyik ja ...
13 May 2015 - SantiJuli
Bebas! Itu yang saya rasakan. Tidak perlu mengatur dan di atur, tidak perlu risih dan sungkan dengan  teman traveling. Tapi, mulai berasa nggak enaknya waktu kita pingin kasih komentar tentang sesuatu yang kita lihat, dengar dan rasa. Mesti di-k ...
12 May 2015 - gawatdarurat
ya kalo mau pergi tinggal pergi aja, ga ada pake persiapan. masa harus tunggu orang lain. menurut saya belum travelling namanya kalau tidak bertambah teman orang lokal di tempat yang kita kunjungi. so, make new friends on the road, youll be amazed of ...



Majalah Edisi 21 (23 - 29 Mei 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 20 May 2015






  VIDEO