Celebrity
Vlog Membuat Anji Jadi Lebih Dekat dengan Anak

20 Sep 2018


Foto: Dok. Pribadi
 
Sudah 3 tahun lebih saya, Anji, mengelola vlog Dunia Manji di YouTube (297.000 subscribers). Profil penikmat musik saya berusia 25 tahun ke atas, karenanya saya merasa perlu punya wadah yang bisa menjaga visibilitas saya sebagai musikus di kalangan generasi sekarang juga.
 
Konten Dunia Manji banyak diisi dengan kegiatan bermusik saya, aneka tip, dan juga cerita keluarga saya. Namun, saking banyaknya konten video mengenai keluarga, akhirnya terpikir untuk memisahkannya ke dalam kanal lain, yaitu Keluarga Kece, yang video perdananya tayang Juli 2016 di YouTube (35.958 subscribers). Keluarga Kece merekam keseharian aktivitas saya, istri, Wina Natalia, dan kelima anak kami; Salva (14), Sultan (10), Leticia (8), Saga (5), dan Sigra (3). Seru!
 
Selama ini saya yang mengerjakan sendiri pembuatan vlog untuk Dunia Manji maupun Keluarga Kece. Belajar sendiri dari nonton vlog orang, baca, teman-teman, dan kendala-kendala yang ditemui dalam proses pembuatan. Produksinya saya targetkan minimal 1 stok video dalam seminggu. Namun, lama-kelamaan saya merasa kewalahan dan merasa butuh dibantu terutama dari sisi editing video yang paling banyak memakan waktu.
 
Ada juga kanal Keluarga Kece dengan konsep yang lebih informatif. Bukan hanya berkisah tentang aktivitas keluarga saya, tetapi juga ada cerita traveling keluarga, interview-interview, dan rekomendasi. Istri saya juga akan berbagi resep di sana.
 
Dengan jumlah subscriber di YouTube yang sudah mencapai 293.000 untuk Dunia Manji dan 35.000 untuk Keluarga Kece, tentunya vlog ini mendatangkan benefit ekonomi. Ada banyak yang menawarkan endorsement, tapi saya tidak sembarangan menerimanya. Saya pilih-pilih brand dengan reputasi baik saja.
 
Jangan sampai saya posting tentang online shop, ternyata yang dijual banyak barang palsu, atau produk kecantikan, tapi tidak melewati uji klinis. Saya merasa harus bertanggung jawab dengan isi posting-an saya dan juga personal branding saya. Produk-produk yang saya endorse haruslah yang saya sukai atau setidaknya bisa mencerminkan identitas saya.
 
Selain punya potensi sebagai bisnis masa depan, vlog ini juga jadi wadah bagi saya merekam kenangan bersama anak-anak dan istri. Saya sudah menyiapkan hard disc yang berisikan kompilasi seluruh video keluarga yang pernah dibuat dan lagu-lagu saya yang belum pernah dipublikasikan. Rencananya ini akan diberikan kepada anak-anak sebagai warisan setelah saya tiada. Siapa tahu mereka bisa jual lagu-lagu ini atau setidaknya untuk kenangan mereka pribadi.
 
Ada banyak manfaat positif dari vlog keluarga. Vlog bisa merangsang anak-anak menjadi kreatif. Anak-anak mulai tertarik untuk belajar mengedit atau merekam video sendiri. Saya juga jadi lebih banyak menghabiskan quality time bersama keluarga dan hubungan kami satu sama lain menjadi lebih dekat. (f)
 
Baca Juga:

Justin Bieber Rela Repot Mendaftar Kewarganegaraan AS Demi Menikahi Hailey Baldwin
Fakta 3 Bintang Paling Bersinar di Crazy Rich Asians: Henry Golding, Constance Wu, Awkwafina
Water Bank, Produk Kecantikan Andalan Lee Sung-kyung


Topic

#celebrity, #selebritas, #anji, #vlogger

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?