Career
Wanita Karier Dan Stereotipe Gender Di Mata Psikolog Kristi Poerwandari

23 Oct 2018


Foto: Shutterstock

Kesetaraan gender atau gender equality disebut-sebut sebagai suatu keharusan dalam menghadapi perubahan dalam dunia kerja. Kesetaraan gender di tempat kerja yang telah menjadi norma sekaligus menjamin peluang yang lebih besar bagi wanita daripada sebelumnya.

Meski perusahaan pemerintah dan swasta telah berusaha untuk menerapkan kesetaran gender, tapi peningkatannya di Indonesia menurut Psikolog dari Universitas Indonesia, Kristi Poerwandari, belum signifikan. “Aspek psikologis ikut berperan dalam mendorong kesetaraan gender di Indonesia. Karena itu, masyarakat harus didorong untuk berubah,” ujarnya dalam acara penyerahan sertifikasi EDGE oleh Indonesia Business Coalition for Women Empowerment beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurutnya ada beberapa tantangan dalam mencapai kesetaraan gender dalam dunia kerja, yaitu:

# Stereotipe
Misalnya, wanita itu harus pulang tepat waktu, wanita kalau jadi pemimpin itu galak, wanita itu bisa berkarier bagus cuma karena cantik. Hal-hal seperti ini menurut Kristi membuat wanita bingng, di satu sisi ingin dilihat kompeten tapi di sisi lain tidak mau dinilai negatif.

# Pelecehan
Pelecehan dalam segala bentuk, masih kerap terjadi di tempat kerja.

# Diskriminasi
Seperti sulit untuk naik ke jenjang tertinggi karena wanita.

# Glass-Ceiling
Batasan karier tertinggi yang diciptakan oleh diri sendiri atau dari luar.

Terkadang wanita sendiri memiliki stereotipe bahwa pemimpin itu harus pria. Meski begitu untuk menjadi pemimpin, wanita tak perlu mengimitasi gaya maskulin. Meski  banyak tantangan Kristi mengatakan, sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Indonesia menemukan, wanita sering kali mendapat kesempatan untuk ‘tampil’ dalam situasi krisis. Wanita pemimpin dalam perusahaan juga lebih disukai karena lebih rendah hati.

Bagaimana menciptakan masa depan yang lebih setara? “Kesetaraan gender itu harus dimulai dari rumah,” pesannya. (f)

Baca Juga:

5 Perusahaan Indonesia Ini Dinyatakan Menyokong Kesetaraan Gender
70% Milenial di Indonesia Menginginkan Konsep Bekerja “Work & Play”
4 Pelajaran Penting Yang Harus Diketahui Manajer

Nuri Fajriati


Topic

#wanitakarier, #kesetaraangender, #genderequality

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.