Career
Penasaran Bagaimana Key Performance Indicator (KPI) Ditentukan? Baca Ini

22 Feb 2017


Foto: Fotosearch
 
KPI (Key Performance Indicator) saya mendapat nilai rendah dari atasan. Padahal, menurut saya, ada beberapa faktor yang di luar kontrol saya. Salah satunya, tingginya tingkat turn over staf, kebetulan memang ada beberapa staf yang resign karena alasan kehamilan dan punya anak. Pertanyaan saya, bagaimana menentukan poin-poin dalam KPI itu?
 
Santy - Jakarta
 
Menurut konsultan karier, Rina Setyawati, dalam menentukan KPI, tentu sangat dibutuhkan pengetahuan yang baik mengenai pengembangan KPI. Penetapan KPI yang baik mengacu pada tujuan perusahaan yang kemudian diturunkan pada level divisi, section, dan kemudian individu-individu. KPI menunjukkan suatu pengukuran yang menyatakan tujuan setiap individu, oleh karenanya harus merupakan target yang spesifik. Secara umum KPI harus terukur, berhubungan dengan tujuan bisnis perusahaan. Individu dapat mengetahui dan menjalankan target yang ditetapkan. Pada proses penyusunan KPI di suatu perusahaan, biasanya dipimpin oleh divisi HR, yang akan bekerja sama dengan tiap-tiap divisi.

Proses penyusunan KPI merupakan proses yang sederhana. Tahapan-tahapannya secara garis besar sebagai berikut:
  • Pengumpulan data/informasi yang terkait dengan bisnis/tujuan perusahaan untuk penyusunan score card perusahaan.
  • Perumusan score card divisi, dengan membuat daftar kontribusi divisi dan hasil akhir untuk menunjang tujuan perusahaan.
  • Individual score card / KPI, lakukan identifikasi hal-hal yang dapat diemban tiap individu dan bagaimana targetnya serta bagaimana mengawasi/mengontrol target tersebut. KPI ini harus disepakati antara Anda dan atasan Anda.
Sepertinya, KPI yang Anda hadapi saat ini dibuat belum mengenai sasaran dengan tepat karena masih ada yang sifatnya di luar kontrol pihak lain. Anda bisa menyampaikan permasalahan yang dihadapi kepada atasan maupun HR sehingga KPI dapat di-review. Dengan demikian, semua karyawan akan merasa senang dengan KPI yang memang dapat membedakan antarindividu dengan baik. (f)
 
Baca juga:
24 Jam Lebih Produktif, Anda Bisa Bekerja Cerdas di Tahun Baru!
7 Pentingnya Kemampuan Menjaga Rahasia di Tempat Kerja
3 Kiat Menghadapi Dua Tipe Atasan
4 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Asertif (Bukan Agresif) untuk Mendukung Karier


Topic

#TipKarier

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?