Career
5 Trik Hadapi Atasan Drama Queen di Kantor

9 Aug 2017


Foto: Fotosearch


Bukan, bukan atasan yang gemar menonton serial drama Korea, tetapi mereka yang hobi membesar-besarkan masalah dan maunya jadi pusat perhatian. Dia juga sering mencampur-adukkan emosi dalam pekerjaan.

Bos pun selalu panik jika tiba-tiba mendapat proyek baru—walau ujung-ujungnya Anda dan tim jugalah yang membereskannya. Sebelum memutuskan resign gara-gara bos semacam ini, lakukan trik berikut:

1/ Ajak diskusi
Ratu Drama senang dimintai pendapatnya karena tandanya Anda menghargai keputusannya. Sertakan pula ide atau pendapat Anda, tapi tetap minta solusi terbaik darinya. Manfaatnya, dia akan mengingat Anda setiap kali butuh ide segar. Dia akan memberi dukungan setiap kali Anda mendapat tugas baru.

2/ Ikuti cara kerjanya
Daripada Anda terus berpikiran negatif soal atasan, lebih baik pikirkan apa yang bisa membuatnya kagum pada Anda. Untuk itu, kenali cara kerjanya dan sesuaikan cara kerja Anda. Jika atasan termasuk orang yang dapat mengerjakan banyak hal, mulailah mempelajari hal lain di luar pekerjaan utama. Staf yang multitasking tentu lebih disukai.

3/ Penampilan oke
Ratu Drama tidak akan membiarkan Anda tampil kurang rapi, bisa-bisa Anda mendapat komentar pedas darinya. Pastikan Anda tampil rapi, dan iringi sikap yang profesional, misalnya, jangan sok menarik perhatian dengan sikap dibuat-buat.

4/ Beri pujian
Nggak hanya Anda, atasan pun butuh apresiasi. Jika proyeknya sukses, katakan kalau saran dan kritik atasanlah yang membantu kinerja Anda. Dia pasti tersenyum sepanjang hari karena performanya ikut terekspos, tuh…

5/ Selangkah lebih maju
Imbangi sikapnya dengan tenang tanpa ikutan heboh. Kalau perlu, bantu dia menyelesaikan masalah yang sepele sekalipun. Biasakan mencatat semua permintaan bosa saat mendelegasikan tugas, lalu perhatikan pola keinginannya. Tujuannya Anda siap mengantisipasi saat atasan mendadak moody. (f)

Baca juga:


Saparinah Mumpuni


Topic

#tiphadapiatasan