Career
5 Ciri Penting Seorang Pemimpin

11 Jan 2017


Foto: Fotosearch

Suatu proyek atau tugas, sesulit apa pun, pasti bisa kita selesaikan. Yang tidak mudah adalah membuat keputusan saat menjabat sebagai atasan. Soalnya, diperlukan keahlian khusus demi kelancaran semua lini pekerjaan untuk melaksanakannya. Nah, membuat keputusan juga bagian dari kualitas seorang pemimpin. Keputusan yang tepat dan cermat jadi tanda kita bisa memimpin tim menjemput sukses. Sontek cara-cara berikut untuk mengasah kemampuan kita sebagai decision maker.
 
1/ Pro - kontra
Lihat suatu masalah dari segala sudut, lalu buat keputusan berdasarkan fakta. Dengan pertimbangan baik-buruk kita bakal memberikan hasil terbaik bagi semua orang.
 
2/ Singkirkan takut
Tidak ada keputusan yang salah. Yang ada, nih, keputusan tepat pada saat itu juga. Karenanya, jangan ragu membuat keputusan sebagai usaha terbaik yang sudah kita lakukan.
 
3/ Pikir jernih
Keputusan yang dibuat berdasar emosi semata bahkan terburu-buru cenderung sulit mendukung tindakan kita. Buatlah keputusan ketika pikiran sedang jernih dan penuh pertimbangan. Baiknya, duduk dulu sampai merasa tenang. Lalu tunggu sampai jawaban yang tepat datang.
 
4/ Jangan tunda
Menunda pengambilan keputusan tidak menjamin kita bakal memiliki cukup waktu untuk berpikir. Tak perlu berlama-lama bila informasi sudah terkumpul. Langsung putuskan agar kita bisa lanjut ke proyek atau tugas selanjutnya sehingga produktivitas tetap terjaga.
 
5/ Minta saran
Opini orang yang lebih berpengalaman dari kita bisa mempermudah pengambilan keputusan. Jangan khawatir, saran orang bisa jadi bahan pertimbangan—nggak mesti ditelan mentah-mentah, kok. Saran seharusnya untuk membantu kemajuan kita, bukan mempersulitnya. (f)

Baca juga:
Ini Kelebihan Wanita Sebagai Pemimpin
5 Kiat Menyiapkan Anak Jadi Calon Pemimpin
Trik Jadi Pemimpin Andal ala Olivia Pope

Meiranie Nurtaeni


Topic

#atasan

 

polling
Pilkada 2017

Pilkada 2017 akan digelar serentak pada tanggal 15 Februari di 101 daerah, 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten. Sebelum memberikan suara, yuk, isi polling berikut.

Kota tempat tinggal:
Gender:
Usia:
Pekerjaan:
Pendidikan terakhir:
Dalam setahun terakhir apakah Anda pernah melihat, menonton atau mendengar kampanye calon yang akan ikut pemilihan Kepala Daerah:
Melalui Media kampanye apa yang paling menarik untuk Anda lihat, tonton atau dengar mengenai pemilihan calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Pertimbangan apa saja yang membuat Anda memilih seorang calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Kriteria figur seperti apa yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih seorang calon pemimpin daerah: (boleh pilih lebih dari satu jawaban) :
Secara umum apa yang Anda harapkan dari kinerja calon yang Anda pilih (boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Seberapa besar antusiasme menghadapi PILKADA Feb 2017
Apakah Anda akan menggunakan hak suara Anda dalam PILKADA 2017